Kompas.com - 10/04/2018, 07:04 WIB
Ilustrasi UbergizmoIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi di toko Apple App Store selama ini selalu bertambah banyak dari tahun ke tahun. Namun, pada 2017 lalu, untuk pertama kali angkanya berbalik. Aplikasi justru semakin sedikit jumlahnya dibanding 2016

Hal tersebut dikemukakan oleh Apps Figures yang mencatat bahwa aplikasi di App Store berjumlah 2,2 juta pada awal 2017. Namun angkanya menurun 5 persen menjadi 2,1 juta di akhir tahun.

Ada apa di baliknya? “Berkurangnya jumlah aplikasi adalah dampak dari penerapan guideline Apple yang lebih ketat,” tulis Apps Figures dalam laporannya.

Apple memang sibuk bersih-bersih App Store. Sang empunya toko aplikasi iOS itu pada 2016 memutuskan untuk menghapus aplikasi tua yang tidak kompatibel dengan iPhone baru, berikut aplikasi yang tak sesuai panduan seperti tidak dibuat dengan mengacu pada arsitektur 64-bit.

Aneka aplikasi “sampah” pun turut diberantas, misalnya aplikasi yang merupakan “kloning” dari aplikasi lain, virus scanner, juga aplikasi yang dinilai berkualitas rendah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/4/2018).

Pada saat bersamaan, di 2017, jumlah aplikasi baru yang dirilis di App Store ikut menurun, yakni hanya 757.000 atau menurun cukup jauh sebanyak 29 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ini juga merupakan penurunan pertama dalam hal rilis aplikasi baru di App Store sejak pertama meluncur pada 2008. Walhasil, jumlah keseluruhan aplikasi di App Store pun menciut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keadaan tersebut berkebalikan dengan Google Play Store  yang pada 2017 merilis 1,5 juta aplikasi baru. Toko aplikasi Android itu kini memiliki koleksi berisi lebih dari 3,6 juta aplikasi. Namun mungkin Apple memang tidak mementingkan jumlah.

Baca juga : Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.