Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Apple Menurun untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 10/04/2018, 07:04 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi di toko Apple App Store selama ini selalu bertambah banyak dari tahun ke tahun. Namun, pada 2017 lalu, untuk pertama kali angkanya berbalik. Aplikasi justru semakin sedikit jumlahnya dibanding 2016

Hal tersebut dikemukakan oleh Apps Figures yang mencatat bahwa aplikasi di App Store berjumlah 2,2 juta pada awal 2017. Namun angkanya menurun 5 persen menjadi 2,1 juta di akhir tahun.

Ada apa di baliknya? “Berkurangnya jumlah aplikasi adalah dampak dari penerapan guideline Apple yang lebih ketat,” tulis Apps Figures dalam laporannya.

Apple memang sibuk bersih-bersih App Store. Sang empunya toko aplikasi iOS itu pada 2016 memutuskan untuk menghapus aplikasi tua yang tidak kompatibel dengan iPhone baru, berikut aplikasi yang tak sesuai panduan seperti tidak dibuat dengan mengacu pada arsitektur 64-bit.

Aneka aplikasi “sampah” pun turut diberantas, misalnya aplikasi yang merupakan “kloning” dari aplikasi lain, virus scanner, juga aplikasi yang dinilai berkualitas rendah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/4/2018).

Pada saat bersamaan, di 2017, jumlah aplikasi baru yang dirilis di App Store ikut menurun, yakni hanya 757.000 atau menurun cukup jauh sebanyak 29 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ini juga merupakan penurunan pertama dalam hal rilis aplikasi baru di App Store sejak pertama meluncur pada 2008. Walhasil, jumlah keseluruhan aplikasi di App Store pun menciut.

Keadaan tersebut berkebalikan dengan Google Play Store  yang pada 2017 merilis 1,5 juta aplikasi baru. Toko aplikasi Android itu kini memiliki koleksi berisi lebih dari 3,6 juta aplikasi. Namun mungkin Apple memang tidak mementingkan jumlah.

Baca juga : Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com