Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 Kelir Merah Resmi, Berbeda dari Versi RED Sebelumnya

Kompas.com - 10/04/2018, 08:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Appe resmi memperkenalkan model baru iPhone 8 dan 8 Plus dengan varian warna merah. Pengumuman model baru ini hampir bertepatan dengan setahunnya perilisan iPhone 7 dengan warna yang sama tahun lalu.

Sama halnya seperti lini iPhone 7 tahun lalu, iPhone 8 dan 8 Plus juga merupakan hasil kerja sama Apple dengan Product (RED), sebuah organisasi yang mengampanyekan perlawanan akan HIV/AIDS di Afrika.

Yang menarik, Apple menaburkan warna hitam pada bagian muka iPhone 8 dan 8 Plus, bukan kelir putih seperti versi originalnya. Warna putih pada iPhone edisi RED sebelumnya banyak dikritik karena dianggap kurang menarik.

Sebagian dari hasil penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus akan didonasikan ke Global Fund HIV/AIDS, yang menyediakan program pengujian, konseling, pengobatan, dan pencegahan dengan fokus khusus pada pemberantasan penularan virus HIV dari ibu ke anak.

Baca juga : Duo iPhone 7 Warna Merah Resmi Dirilis

Namun, menurut lansiran KompasTekno dari The Verge, Selasa (10/4/2018), belum diketahui berapa persen bagian yang akan disumbangkan Apple.

"iPhone edisi spesial Product (RED) menghadirkan warna merah yang memukau dan kombinasi warna hitam (di muka), serta menawarkan konsumen kesempatan untuk ikut melawan penyebaran HIV/AIDS", sebut wakil presiden Product Marketing Apple, Greg Joswiak

Apple sendiri telah menyumbang 160 juta dollar AS (sekitar Rp 2,2 miliar) ke Global Fund, semenjak bekerja sama dengan Product (RED) tahun 2006.

Secara spesifikasi, masih sama dengan sebelumnya. Desain masih terbuat dari kaca di punggung dan juga alumunium dengan kelir baru warna merah. Masih juga dibekali chip A11 bionic dengan konfigurasi kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 7 megapiksel.

Baca juga : Melihat Lebih Dekat iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Harganya pun sama seperti varian originalnya, yakni 699 dollar AS (sekitar Rp 9,6 juta) untuk iPhone 8, dan 799 dollar AS (sekitar Rp 11 juta) untuk iPhone 8 Plus.

Apple telah membuka pesanan awal (pre-order) untuk iPhone 8 dan 8 Plus edisi merah, mulai hari ini (10/4/2018) di beberapa negara, serta pengapalannya akan menyusul pada 13 April 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com