Layar Ponsel Sony Punya Mode “120Hz” Tersembunyi

Kompas.com - 10/04/2018, 15:42 WIB
Sony Xperia XZ Premium SonySony Xperia XZ Premium
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kebanyakan layar ponsel memiliki refresh rate 60 Hz. Pabrikan smartphone gaming seperti Razer memakai refresh rate 120 Hz ,agar tampilan gerakan-gerakan di layar -seperti saat bermain adegan game cepat- terlihat lebih mulus.

Nah, layar ponsel Sony Xperia XZ Premium yang dirilis pada 2017 lalu ternyata bisa disetel agar memiliki refresh rate serupa. Hanya saja, kemampuan ini “disembunyikan” dan secara default, di non-aktifkan oleh Sony.

Hal tersebut ditemukan oleh sejumlah developer yang doyan mengoprek software di forum XDA Developers. Mereka bisa mengaktifkan refresh rate 120 Hz di layar Sony Xperia XZ Premium dengan memodifikasi kernel OS ponsel yang bersangkutan.

Ini berarti, Sony Xperia XZ Premium memiliki tiga mode display secara keseluruhan, yakni 1080p di 60 fps, 2160p di 60 fps, dan 1080p di 120 fps yang tersembunyi.

Baca juga: Sony Xperia XZ2 Meluncur Tanpa Colokan Earphone

Angka frame per detik (FPS) yang bisa ditampilkan berkorelasi langsung dengan refresh rate. Ponsel hanya bisa menampilkan gerakan dengan 120 frame per detik apabila layarnya mampu pula melakukan refresh sebanyak 120 kali per detik (Hz).

Berbekal rilis OS Android Oreo untuk Sony Xperia XZ Premium dan program Open Device dari Sony, para developer bisa membuat custom ROM untuk perangkat tersebut yang mengaktifkan mode layar 120 Hz.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (10/4/2018), sejauh ini hasilnya belum konsisten. Ada pengguna yang bisa melihat perubahan dalam hal kemulusan gerakan, ada juga yang tidak.

Menariknya lagi, setelah ditelusuri lebih jauh, mode layar 120 Hz ternyata tidak terbatas hanya pada Xperia XZ Premium saja, tapi juga beberapa model smarpthone lain besutan Sony, seperti Xperia XZ, Xperia XZ1, Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA2.

Refresh rate 120 Hz berguna untuk memuluskan gerakan, sekaligus membuat layar lebih cepat merespons input pengguna.

Selain game, contoh aplikasi lainnya dari refresh rate 120 Hz adalah mode “ProMotion” di iPad Pro. Fitur itu diklaim Apple bisa menghasilkan gerakan menulis dan menggambar yang sangat responsif.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X