Kompas.com - 10/04/2018, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Google meluncurkan program beasiswa pelatihan dan pemrograman Android, untuk 1.000 mahasiswa dan dosen di Indonesia.

Beasiswa tersebut merupakan salah satu dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sillicon Valley pada 2016 lalu, di mana CEO Google, Sundar Pichai saat itu berjanji untuk melatih 100.000 pengembang aplikasi di Indonesia hingga tahun 2020.

Dalam program ini, Google bermitra dengan Dicoding, sebuah platform penghubung app developer di Indonesia yang memiliki lebih dari 80.000 anggota.

Bersama dengan Dicoding, Google akan memberikan 1.000 beasiswa picodiploma selama 90 hari, kepada mahasiswa dan dosen pengajar Teknologi Informasi (IT) yang ingin memperdalam pemrograman Android.

Selama 90 hari itu, Dicoding akan menyediakan 125 modul, 35 video dan 24 kuis untuk keseluruhan program pengajaran yang diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding

Pelatihan akan diberikan secara online melalui situs web Dicoding Academy, yang dibimbing oleh Dicoding, dan para Google Developer Expert, dengan forum diskusi dan code review secara profesional.

Nantinya, para peserta akan belajar cara membangun aplikasi menggunakan sistem operasi Android melalui modul Testing, Debugging, Aplication, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, dan Enhanced System Integration.

Setelah mendaftar dan mengikuti rangkaian kegiatan secara aktif, penerima-penerima beasiswa akan mendapatkan buku cetak "Menjadi Andorid Developer Expert" terbitan Dicoding, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (10/4/2018).

Pada akhirnya, semua lulusan akan menerima sertifikat picodiploma dari Dicoding setelah berhasil menyelesaikan keseluruhan modul dalam kelas tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal program beasiswa Android ini, kunjungi situs Dicoding melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Twitter Berikan Beasiswa untuk Mahasiswi Komputer Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.