Despacito, Video Terpopuler di YouTube Mendadak Dihapus

Kompas.com - 10/04/2018, 18:42 WIB
Luis Fonsi dan Daddy Yankee, penyanyi Despacito yang lagunya mendunia. BILLBOARD.COM/OMAR CRUZLuis Fonsi dan Daddy Yankee, penyanyi Despacito yang lagunya mendunia.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com- Para pengguna YouTube yang coba menonton video klip Despacito original pekan ini bakal merasa kecewa. Pasalnya, video klip terpopuler sejagat YouTube itu tiba-tiba saja menghilang tanpa sebab.

Thumbnail Despacito hanya menampilkan gambar lima orang bertopeng yang memegang senjata api. Gambar tersebut tidak ada dalam video aslinya. Ketika di-klik, muncul tulisan "This video is unavailable".

Ada apa gerangan? Despacito agaknya menjadi korban hacker yang menghapus video tersebut. Di bawah video Despcito di YouTube terdapat tulisan "Free Palestine", ditulis oleh hacker yang menyebut diri sebagai Prosox dan Kuroi'sh.

Usai dihapus oleh hacker, Despacito di YouTube hanya menampilkan thumbnail berisi gambar yang tidak ada dalam video klip aslinya.BBC Usai dihapus oleh hacker, Despacito di YouTube hanya menampilkan thumbnail berisi gambar yang tidak ada dalam video klip aslinya.

Penghapusan video klip Despacito terjadi hanya beberapa hari setelah video musik berbahasa Spanyol ciptaan penyanyi Luis Fonsi dan Daddy Yankee itu diberitakan telah mengumpulkan 5 miliar view sejak pertama kali diunggah pada Januari 2017.

Baca juga: Pecah Rekor YouTube, Despacito Jadi Video Pertama Tembus 3 Miliar

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Independent, Selasa (10/4/2018), Despacito adalah video YouTube pertama yang meraih pencapaian jumlah view sangat banyak tersebut.

Lagu Despacito sendiri -yang judulnya berarti "dengan perlahan"- adalah lagu streaming terpopuler dengan jumlah pemutaran mencpai 4,6 miliar kali. Liriknya bercerita tentang sensualitas yang dibungkus dengan nuansa romantis.

Akun salah satu hacker di balik lenyapnya Despacito menerangkan motifnya melalui akun Twitter bernama @ProsoxW3b.

"Hanya untuk bersenang-senang. Saya hanya memakai script ' youtube-change-title-video' dan saya tulis 'hacked'. Jangan hakimi saya, saya cinta YouTube," tulisnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X