Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Despacito, Video Terpopuler di YouTube Mendadak Dihapus

Kompas.com - 10/04/2018, 18:42 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Para pengguna YouTube yang coba menonton video klip Despacito original pekan ini bakal merasa kecewa. Pasalnya, video klip terpopuler sejagat YouTube itu tiba-tiba saja menghilang tanpa sebab.

Thumbnail Despacito hanya menampilkan gambar lima orang bertopeng yang memegang senjata api. Gambar tersebut tidak ada dalam video aslinya. Ketika di-klik, muncul tulisan "This video is unavailable".

Ada apa gerangan? Despacito agaknya menjadi korban hacker yang menghapus video tersebut. Di bawah video Despcito di YouTube terdapat tulisan "Free Palestine", ditulis oleh hacker yang menyebut diri sebagai Prosox dan Kuroi'sh.

Usai dihapus oleh hacker, Despacito di YouTube hanya menampilkan thumbnail berisi gambar yang tidak ada dalam video klip aslinya.BBC Usai dihapus oleh hacker, Despacito di YouTube hanya menampilkan thumbnail berisi gambar yang tidak ada dalam video klip aslinya.

Penghapusan video klip Despacito terjadi hanya beberapa hari setelah video musik berbahasa Spanyol ciptaan penyanyi Luis Fonsi dan Daddy Yankee itu diberitakan telah mengumpulkan 5 miliar view sejak pertama kali diunggah pada Januari 2017.

Baca juga: Pecah Rekor YouTube, Despacito Jadi Video Pertama Tembus 3 Miliar

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Independent, Selasa (10/4/2018), Despacito adalah video YouTube pertama yang meraih pencapaian jumlah view sangat banyak tersebut.

Lagu Despacito sendiri -yang judulnya berarti "dengan perlahan"- adalah lagu streaming terpopuler dengan jumlah pemutaran mencpai 4,6 miliar kali. Liriknya bercerita tentang sensualitas yang dibungkus dengan nuansa romantis.

Akun salah satu hacker di balik lenyapnya Despacito menerangkan motifnya melalui akun Twitter bernama @ProsoxW3b.

"Hanya untuk bersenang-senang. Saya hanya memakai script 'youtube-change-title-video' dan saya tulis 'hacked'. Jangan hakimi saya, saya cinta YouTube," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com