Twitter Sempat Tutup Akun "Bitcoin", Ada Apa?

Kompas.com - 11/04/2018, 07:16 WIB
Cryptocurrency on a circuit board Thinkstockphotos.comCryptocurrency on a circuit board
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Awal pekan ini, tanpa alasan jelas Twitter tiba-tiba menangguhkan akun @ Bitcoin yang dijalankan oleh pengguna anonim

Sebelum itu, akun yang mengatasnamakan cryptocurrency populer tersebut sempat diambil alih oleh seseorang dari Turki, lalu diambil lagi oleh seseorang dari Rusia sebelum akhirnya dikembalikan ke si empunya pada hari Senin.

Sang pemilik @Bitcoin pun gusar karena menganggap akunnya diserahkan ke orang lain oleh Twitter tanpa permisi. Ketika sudah dikembalikan pun, sebagian besar pengikutnya yang berjumlah lebih dari 821.000 turut hilang.

“Saya mau tahu kenapa akun saya diberikan ke pengguna lain, lalu saat dikembalikan 750.000 follower ikut raib,” ujar @Bitcoin.

Twitter tak mau mengeluarkan pernyataan untuk menanggapi kejadian tersebut. “Kami tak mengomentari akun individual, jadi tak ada yang bisa dibagikan,” ujar seorang juru bicara Twitter, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (11/4/2018).

Meski sempat menghapus follower @Bitcoin, Twitter berangsur mengembalikan para pengikut yang hilang. Dari pantauan KompasTekno pagi ini, jumlah follower akun tersebut sudah kembali naik ke kisaran 827.000, hampir mencapai jumlah awalnya.

Bitcoin Core versus Bitcoin Cash?

Sebab-musabab di balik penangguhan akun @Bitcoin yang dilakukan Twitter tetap misterius karena pihak pengelola layanan micro-blogging itu tak mau memberi penjelasan.

Di komunitas bitcoin, kejadian tersebut menimbulkan spekulasi liar soal bentrokan antara bitcoin cash dengan bitcoin (disebut juga sebagai bitcoin core).

Bitcoin cash didirikan oleh para developer, miner, dan anggota komunitas lain pada Agustus 2017 sebagai alternatif bitcoin core, setelah terjadi perpecahan menyangkut manajemen bitcoin di masa depan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X