Mengintip Kertas Contekan Zuckerberg saat Dipanggil DPR AS

Kompas.com - 12/04/2018, 13:18 WIB

KOMPAS.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg memberikan kesaksian atas skandal pencurian data yang dilakukan oleh firma analis Cambridge Analytica, dihadapan wakil rakyat publik Amerika Serikat (AS).

Dalam sesi tanya jawab yang berlangsung selama lima jam tersebut, Zuckerberg harus menjabarkan apa yang sebenarnya terjadi atas bocornya tak kurang dari 87 juta data pengguna yang dikeruk Cambridge Analytica.

Pejabat Capitol Hill juga menanyakan peran dan tanggungjawab Facebook sebagai sumber berita dunia dan alat demokrasi dan komunikasi yang digunakan secara masif oleh penduduk dunia.

Beragam pertanyaan "mengadili" Zuckerberg, namun ia tetap merusaha untuk membawa diskusi ke poin terpenting, dengan bantuan contekan di dalam map hitam kecil yang ia siapkan bersama timnya.

The Verge, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (12/4/2018), menarik beberapa intisari catatan yang dibawa Zuckerberg saat berhadapan dengan para legislatif. Dilirik dari contekan tersebut, Zuckerberg dan tim eksekutifnya menyiapkan dengan baik dalam menghadapi skandal terbesar ini.

Garis besar contekan

1. Menggarisbawahi bahwa dalam kasus Cambridge Analytica, tidak ada kartu kredit atau jaminan sosial yang dikompromikan.

Baca juga: Isi Pidato Zuckerberg soal Kebocoran Data di Hadapan Wakil Rakyat

Ia pun menjelaskan bagaimana kuis buatan Aleksandr Kogan, menambang data para pengguna Facebook, dan mencurangi Facebook ketika mereka tidak benar-benar menghapus data pengguna Facebook yang mengakses kuis mereka.

2. Pada seksi berjudul "akuntabilitas", Zuckerberg menekankan bahwa dirinyalah yang harus disalahkan sebagai pemimpin Facebook dan tidak ada satupun pegawai Facebook yang dipecat akibat skandal Cambrdige Analytica.

3. Di seksi yang sama, Zuckerberg membicarakan poin-poin yang membatasi pertanyaan yang merujuk soal apakah dia berencana atau harus mengundurkan diri sebagai CEO Facebook, meskipun ia sendiri tidak merencanakan hal itu.

Baca juga: Diminta Mundur, Zuckerberg Minta Kesempatan Kedua

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.