Kompas.com - 16/04/2018, 07:42 WIB

KOMPAS.com - Samsung memang sesumbar akan meluncurkan foldable phone alias ponsel yang layarnya bisa dilipat sebentar lagi. Namun, nampaknya Samsung bukan vendor pertama di dunia yang akan merilis smartphone berteknologi layar lipat ini.

Kabar terbaru menyebutkan jika Huawei-lah yang menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan smartphone layar lipat. Dari informasi yang beredar, smartphone layar lipat Huawei akan segera melenggang pada November tahun ini.

Smartphone layar lipat Huawei nantinya disebut akan mengusung layar buatan LG, yang bisa ditekuk bak buku. Berbeda dengan Samsung yang menggunakan panel OLED nya sendiri.

Baca juga: Ponsel Lipat Samsung Meluncur Tahun Ini?

Layaknya desain paten smartphone layar lipat Samsung, Huawei juga dikabarkan akan memiliki fitur inward-folding design, yang memungkinkan untuk dibuka dan ditutup secara berlawanan.

Sketsa ponsel lipat HuaweiGizmo China Sketsa ponsel lipat Huawei
Smartphone layar lipat Huawei telah didaftarkan patennya sejak tahun 2017 lalu. Dalam paten tersebut, terkuak jika layar lipat Huawei akan bisa digunakan sebagai smartphone saat dilipat dan, dapat berfungsi layaknya tablet saat lipatan dibuka.

Dilaporkan KompasTekno dari Gizmo China, Senin (16/4/2018), belum ada informasi lainnya soal smartphone layar lipat Huawei. Kemungkinan, Huawei akan meluncurkan purwarupa atau prototype nya lebih dulu untuk mengetahui respons pasar, sebelum akhirnya memproduksinya secara massal.

Baca juga: Beredar Penampakan Smartphone Tekuk Samsung Galaxy X

Tak hanya Huawei dan Samsung yang berencana menelurkan smartphone dengan layar lipat.
Vendor lain seperti LG, Oppo, Lenovo, dan ZTE juga disebut memeprsiapkan produk yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.