Saingi Nintendo, Sega Bakal Rilis Konsol Mega Drive Mini - Kompas.com

Saingi Nintendo, Sega Bakal Rilis Konsol Mega Drive Mini

Kompas.com - 16/04/2018, 09:46 WIB
Presiden Direktur Sega, Haruki Satomi, memperkenalkan miniatur Mega Drive dalam ajang Sega Fes 2018.Twitter Presiden Direktur Sega, Haruki Satomi, memperkenalkan miniatur Mega Drive dalam ajang Sega Fes 2018.

KOMPAS.com - Konsol lawas Mega Drive buatan Sega bakal dirilis dalam versi baru yang lebih mungil dan kekinian pada tahun ini. Hal tersebut diumumkan dalam ajang “Sega Fes” 2018 di Jepang. Langkah Sega ini bisa dibilang mengikuti Nintendo yang sukses dengan Super Nintendo Classic Edition.

Belum pasti apa nama untuk Mega Drive versi kekinian, tetapi untuk sementara disebut “ Mega Drive Mini”. Tak banyak pula informasi yang diumbar selain ukurannya yang lebih ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana.

Menurut Presiden Direktur Sega, Haruki Satomi, Mega Drive Mini hadir sebagai peringatan 30 tahun sejak pertama kali konsol tersebut diperkenalkan ke khalayak. Ia juga sesumbar Mega Drive Mini bakal disematkan banyak game klasik.

AtGames sebagai pemegang lisensi untuk konsol Sega pun telah mengonfirmasi Mega Drive Mini ini via akun Twitter-nya, namun kemudian dihapus, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (16/4/2018), dari TheVerge.

Baca juga: Sega Genesis Bakal Lahir Kembali

Diketahui, Mega Drive adalah konsol video game 16-bit yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 29 Oktober 1988. Setahun setelahnya, pada 14 Agustus 1989, Mega Drive diboyong ke pasar Amerika Utara dengan nama “Sega Genesis”.

Render grafis yang disebut sebagai konsol Sega Mega Drive Mini.Istimewa Render grafis yang disebut sebagai konsol Sega Mega Drive Mini.

Di Eropa dan negara-negara lainnya, Sega Mega Drive tersedia mulai 1990. Secara total, tak kurang dari 30 juta unit Mega Drive terjual di seluruh dunia.

Sega Mega Drive merupakan saingan utama Super Nintendo. Adapun video game yang paling populer dari Mega Drive adalah “Sonic the Hedgehog”, menjadi pesaing "Super Mario" di Nintendo.

Selain soal Mega Drive Mini, ada beberapa hal lain yang diumumkan dalam Sega Fes 2018. Salah satunya, Sega bakal meluncurkan setidaknya 15 game klasik buatannya ke Nintendo Switch, semisal “Sonic the Hedgehog”, “Phantasy Star”, “Thunder Force 4”, dsb.


Komentar
Close Ads X