Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Habiskan Rp 274 Miliar untuk Pengamanan Mark Zuckerberg

Kompas.com - 16/04/2018, 13:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg adalah kunci dari Facebook, jejaring sosial dengan 2 miliar pengguna aktif saat ini. Jika tak ada Mark Zuckerberg, barangkali Facebook tak akan sebesar hari ini.

Karenanya, pengamanan untuk Mark Zuckerberg dinilai sangat penting. Dari tahun ke tahun, Facebook merogoh kocek semakin besar untuk melindungi sang pendiri sekaligus CEO.

Sejak 2015, total biaya pengamanan Mark Zuckerberg mencapai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 274 miliar. Pada 2016, biaya pengamanannya 5,8 juta dollar AS (Rp 79 miliar), lantas pada 2017 membengkak menjadi 9 juta dollar AS (Rp 123 miliar).

“Biaya keamanan untuk menghadang ancaman keselamatan Mark Zuckerberg yang timbul akibat posisinya sebagai pendiri dan CEO kami,” kata perwakilan Facebook.

“Kami mewajibkan keamanan ini untuk kepentingan perusahaan karena pentingnya Mark Zuckerberg untuk Facebook,” ia menegaskan.

Baca juga : 1 Juta Akun Facebook di Indonesia Bocor, Ini Link untuk Mengeceknya

Tahun lalu, dari Rp 123 miliar biaya pengamanan Mark Zuckerberg, sebanyak 7,3 juta dollar AS (Rp 100 miliar) sendiri untuk bodyguard, pengamanan perjalanan, serta pengamanan di rumah.

Pengamanan perjalanan meliputi penerbangan pribadi Mark Zuckerberg ke berbagai tempat, mulai untuk bahan bakar pesawat, konsumsi, hingga fee lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (16/4/2018), dari Gizmodo.

Chief Operating Officer (COO) Facebook, Sheryl Sandberg juga diberi anggaran pengamanan. Hanya saja, nominalnya tak sebesar Mark Zuckerberg, yakni “hanya” 2,3 juta dollar AS (RP 31 miliar).

Biaya pengamanan Mark Zuckerberg bisa dibilang sangat tinggi. Sebagai perbandingan, CEO Apple, Tim Cook cuma punya anggaran keamanan sebesar 317.000 dollar AS atau Rp 4,3 miliar.

Baca juga : Ini Ciri-ciri Akun Facebook yang Dicuri, 1 Juta Orang Indonesia Terdampak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com