Cara Memakai Android P Bakal seperti iPhone X? - Kompas.com

Cara Memakai Android P Bakal seperti iPhone X?

Kompas.com - 16/04/2018, 16:13 WIB
Android PAndroid Central Android P

KOMPAS.com - Sistem operasi Android seri P akan diperkenalkan Google pada Mei mendatang. Namun dari bocoran yang beredar di internet, diduga pengoperasian antarmuka Android P akan menyerupai iPhone X.

Hal ini terlihat dari sebuah cuplikan layar (screenshot) yang beredar di jagat maya. Dari gambar tersebut tampak Google tengah menguji coba panel navigasi yang diduga adalah Android P.

Pada gambar yang beredar tersebut, tak terlihat lagi tombol (soft button) Home pada bagian tengah di bawah layar, layaknya pada Android seri terdahulu. Tombol tersebut diganti dengan lambang strip kecil (-) yang menyerupai tampilan antarmuka iPhone X.

Panel navigasi multitasking Android P diduga akan menyerupai tampilan iPhone XEngaget Panel navigasi multitasking Android P diduga akan menyerupai tampilan iPhone X

Dikutip KompasTekno dari 9to5google, Senin (16/4/2018), kabarnya tombol strip pada gambar yang diduga antarmuka Android P tersebut akan hilang ketika tidak digunakan. Tanda strip ini diduga merupakan tombol navigasi yang memungkinkan pengguna melakukan multi-tasking.

Pada iPhone X, terdapat tombol serupa pada bagian bawah layar, dengan ukuran yang lebih panjang. Tombol ini berguna untuk mengatur tampilan serta mengontrol multi-tasking dengan cara menggulirkannya ke arah atas.

Baca juga: 10 Fitur yang Bakal Hadir di Android P

Kendati demikian, belum ada konfirmasi jelas dari Google terkait beredarnya cuplikan layar ini. Bahkan sejumlah rumor mengatakan bahwa Android P akan dilengkapi dengan panel navigasi gesture control.

Android P pun sejatinya masih misterius, Google baru akan memerkenalkan penerus Android Oreo ini pada Mei mendatang, bertepatan dengan ajang tahunan kumpul developer, Google I/O 2018, di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS.

Belum diketahui apa kepanjangan dari inisial “P”-nya, tetapi hampir pasti merujuk pada camilan manis seperti yang sudah-sudah.

Yang teranyar, netizen menduga kepanjangan “P” tak lain adalah “Popsicle” atau dalam Bahasa Indonesia adalah es lilin. Selain penamaan, fitur-fitur Android selanjutnya juga sudah ramai dibicarakan di ranah maya.

Baca juga: Google Beri Petunjuk Nama Android P

Beberapa di antaranya adalah fitur multi-kamera yang mendukung aplikasi, dukungan “notch” mirip iPhone X, Gmail Smart Replies, tampilan gambar di notifikasi, pemisahan percakapan grup dan personal yang lebih jelas, zooming-text seperti di iPhone, melihat peta indoor melalui aplikasi, kompresi foto, peningkatan password otomatis, hingga garis volume vertikal.



Close Ads X