Facebook Jelaskan Kebocoran Data Pengguna ke DPR RI Hari Ini

Kompas.com - 17/04/2018, 08:10 WIB
Ilustrasi Facebook Digital TrendsIlustrasi Facebook

JAKARTA, KOMPAS.com - Facebook Indonesia bakal menyambangi Senayan pada hari ini, Selasa (17/4/2018), untuk memenuhi panggilan Komisi 1 DPR RI. Rapat Dengar Pendapat (RDP) dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB.

RDP ini terkait kasus pencurian 1 juta data pengguna Indonesia oleh firma analis Cambridge Analytica (CA). Komisi 1 DPR RI ingin meminta penjelasan detil dari Facebook Indonesia terkait dampak insiden CA dan penanggulangannya.

“Kami (akan) menanyakan apakah Facebook bisa memperbaiki ini, lalu data pengguna dimanfaatkan untuk apa," kata Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Satya Widya Yudha, pada KompasTekno.

Hal ini pula yang terus-terusan dikejar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lewat teguran lisan maupun dua Surat Peringatan (SP) tertulis. Namun, hingga Senin (16/4/2018) kemarin, Facebook Indonesia belum memberikan jawaban yang lengkap. (Baca juga : Ini Surat Balasan Facebook Setelah Kena Peringatan Kedua dari Kominfo)

“Belum ada (hasil audit). Saya belum tahu,” ujarnya secara singkat, usai konferensi pers di Menara Merdeka, Jakarta.

Baca juga : 1 Juta Akun Facebook di Indonesia Bocor, Ini Link untuk Mengeceknya

Sebelumnya, Komisi 1 DPR RI telah memanggil Facebook dalam RDP tertanggal Rabu (11/4/2018) lalu. Facebook Indonesia lantas membatalkan jadwal tersebut sehari menjelang RDP.

Agaknya pekan lalu Facebook belum siap menerima rentetan pertanyaan dari para wakil rakyat. Dalihnya, Facebook ingin mendalami kesaksian sang pendiri dan CEO, Mark Zuckerberg, di hadapan Kongres AS. (Baca juga : Deretan Pertanyaan Lucu untuk Zuckerberg saat Pengadilan Facebook)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X