Kaset Game Lawas Dibongkar, Isinya Serbuk Bernilai Ratusan Juta Rupiah - Kompas.com

Kaset Game Lawas Dibongkar, Isinya Serbuk Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 17/04/2018, 16:41 WIB
Dua kaset game Nintendo lawas yang ditemukan berisi narkoba oleh Julian Turner.Julian Turner Dua kaset game Nintendo lawas yang ditemukan berisi narkoba oleh Julian Turner.

KOMPAS.com — Awal bulan ini, seorang kolektor game bernama Julian Turner pergi ke pasar loak West Georgia Flea Market, Amerika Serikat. Di sana ia membeli dua kaset ( cartridge) game Nintendo lawas berjudul Rollergames and Golf.

Sesampainya di rumah, Turner mulai curiga karena kedua game tersebut merupakan versi PAL yang biasanya dipasarkan di Eropa, bukan Amerika Serikat (NTSC).

Bobot kedua cartridge game pun terasa lebih berat dari umumnya kaset game Nintendo sehingga memperkuat kecurigaan Turner.

Pria tersebut kemudian memutuskan untuk membongkar cartridge Rollergames dan Golf. Bukan sulap bukan sihir, ternyata di dalam kedua kaset game itu ada kantong alumunium foil, dua buah di masing-masing cartridge.

Jeroan hardware kaset sengaja dimodifikasi agar bisa memuat "penumpang gelap", termasuk mengganti papan PCB dengan yang lebih kecil.

Turner kemudian memotong salah satu kantung aluminium foil dan melihat ada apa di dalamnya. Isinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Selasa (17/4/2018), ternyata serbuk berwarna putih kecoklatan.

Pembongkaran dua kaset game itu direkam dalam video oleh Turner, lalu diunggah ke YouTube. Turner lantas menghubungi polisi untuk memeriksa temuannya.

"Seorang pakar anonim memberitahu saya bahwa ini adalah heroin. Polisi mengatakan ini narkoba 'sintetis'. Nilainya bisa lima digit (puluhan ribu dollar AS, ratusan juta rupiah)," ujar Turner dalam videonya yang bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga: "Rahasia" Game Klasik Nintendo Baru Terungkap Setelah 29 Tahun

Entah bagaimana caranya narkoba itu bisa berakhir di dalam kaset game Nintendo, lalu dibiarkan di sana selama 30 tahun sebelum akhirnya ditemukan oleh Turner.

Ada dugaan kaset game tersebut memang benar-benar digunakan untuk menyelundupkan narkoba pada dekade 80-an (era popularitas Nintendo), lalu tertukar dengan kaset lain secara tidak sengaja.

Ketika mencari penjelasan di internet, Turner menemukan kasus lain  yakni kaset game Nintendo—juga permainan berjudul Golf—dipakai untuk menyimpan sebundel uang pecahan 100 dollar AS dengan nilai total mencapai 5.000 dollar AS.

Baca juga: Harta Karun Game Atari Ditemukan di Gurun


PenulisOik Yusuf
SumberKotaku
Komentar
Close Ads X