Keuntungan iPhone X Jauh Lampaui Vendor Android

Kompas.com - 18/04/2018, 14:04 WIB
Apple iPhone XOik Yusuf/ KOMPAS.com Apple iPhone X

KOMPAS.com - Meski harganya selangit, iPhone X ternyata mendulang pendapatan yang sangat besar. Bahkan jika dibandingkan dengan gabungan beberapa produsen ponsel Android, pendapatan ini masih mencapai beberapa kali lipatnya.

Ini terlihat dari hasil penelitian lembaga survei pasar Counterpoint. Tak tanggung-tanggung, iPhone X menyumbang 35 persen dari pangsa pendapatan handset di seluruh dunia selama kuartal empat 2017 lalu.

"iPhone X menghasilkan keuntungan lima kali lebih besar dibandingkan dengan gabungan sejumlah produsen Android selama kuartal IV-2017," ujar analis Counterpoint, Karn Chauhan sebagaimana dikutip KompasTekno dari Slashgear, Rabu (18/4/2018).

"iPhone generasi lawas pun seperti iPhone 6 dan iPhone 7 juga masih menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada beberapa flagship Android terbaru," lanjutnya.

Perangka Apple masih mendominasi pangsa penjualan ponsel pintar. Counterpoint Perangka Apple masih mendominasi pangsa penjualan ponsel pintar.

Berdasarkan informasi dari grafik yang dirilis Counterpoint, jajaran perangkat Apple masih mendominasi dengan angka penyumbang keuntungan terbesar.

Baca juga: Cerita Tukang Servis Layar iPhone yang Dituntut Apple

Pada urutan lima teratas diisi oleh iPhone X dengan angka 35 persen kemudian disusul iPhone 8 sebesar 19,1 persen, iPhone 8 Plus sebesar 15,5 persen, diikuti oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan jumlah 6,2 persen dan 5 persen.

Sedangkan perangkat Android dengan pangsa keuntungan teratas hanya ditempati oleh Galaxy Note 8 pada peringkat ke enam dengan pangsa sebesar 3,9 persen dan Galaxy S8 Plus di peringkat delapan dengan pangsa 1,7 persen.

Usia iPhone X sendiri boleh dibilang masih sangat tergolong muda di pasar ponsel dunia. Ponsel ini dirilis pada September 2017 lalu bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Meski demikian dari hasil survei ini terlihat jelas bahwa hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja iPhone X bisa mendominasi pasar. Produk-produk Apple yang dominan pada grafik tersebut juga membuat perusahaan ini bahkan bisa mencapai keuntungan sebesar 86% pada kuartal empat 2017 lalu.

Selain itu angka ini juga diperkirakan akan terus merangkak naik setiap kuartalnya. Padahal sebelumnya tersiar kabar bahwa penjualan produk Apple khususnya iPhone X semakin lesu. Namun hasil survei ini berkata sebaliknya. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X