Menjajal Kecerdasan Kamera Ponsel Redmi Note 5 AI

Kompas.com - 18/04/2018, 15:57 WIB
Bagian punggung Xiaomi Redmi Note 5 menampakkan fitur kamera ganda yang diperkuat kecerdasan buatan. KOMPAS.com/ OIK YUSUFBagian punggung Xiaomi Redmi Note 5 menampakkan fitur kamera ganda yang diperkuat kecerdasan buatan.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Siang ini, Rabu (18/4/2018), Xiaomi meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, Redmi Note 5 AI Dual Camera, lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta.

Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera menjadi ponsel berbasis prosesor anyar, Snapdragon 636 pertama yang hadir di dunia, sekaligus di Indonesia.

Perlu ditambahkan bahwa Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera yang dipasarkan di Indonesia sebenarnya adalah versi upgrade dari "Redmi Note 5 Pro" yang baru dikenalkan secara global pada Maret 2018 lalu.

Upgrade ini meliputi fitur kecerdasan buatan ( artificial intelligence, AI) dan kamera dengan lensa berbukaan lebih lebar. Xiaomi kemudian menyebut upgrade seri ini sebagai "Redmi Note 5" tanpa embel-embel "Pro".

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Redmi Note 5 AI Dual Camera

Jangan keliru pula dengan "Redmi Note 5/Redmi Note 5 Plus" yang meluncur lebih dulu pada Februari 2018 lalu di India, dan memiliki spesifikasi lebih rendah daripada "Redmi Note 5" yang hari ini diluncurkan di Indonesia.

Spesifikasi

Di luar penamaan yang membingungkan itu, spesifikasi Redmi Note 5 AI Dual Camera termasuk mumpuni untuk kelas harganya yang dipatok di harga Rp 2,5 juta untuk versi RAM 3 GB penyimpanan 32 GB, dan Rp 3 juta untuk versi RAM 4 GB penyimpanan 64 GB.

Selain dapur pacu chip Snapdragon 636, Redmi Note 5 AI dibekali RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB, layar 5,99 inci (2.160 x 1.080 piksel, 18:9), baterai 4.000 mAh, dan OS Android Oreo 8.1 yang dilapis antarmuka MIUI 9.

Bagian punggung Redmi Note 5 dengan kamera ganda yang tersusun secara vertikal di pojok kiri atas, mirip iPhone X. Pemindai sidik jari berbentuk bundar tersemat di tengah.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian punggung Redmi Note 5 dengan kamera ganda yang tersusun secara vertikal di pojok kiri atas, mirip iPhone X. Pemindai sidik jari berbentuk bundar tersemat di tengah.

Fitur andalan Redmi Note 5 AI adalah kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi wide angle (12 megapiksel, lensa f/1.9) dan short telephoto (5 megapiksel, lensa f/1.9), sementara kamera depan memiliki resolusi 13 megapiksel.

Baca juga: Melihat Isi Kemasan Xiaomi Redmi Note 5 AI

Xiaomi Redmi Note 5 AI turut dibekali kecerdasan buatan/AI, yang dimaksudkan untuk memberikan efek-efek tambahan di hasil jepretan, baik untuk kamera depan maupun belakang.

Perbedaan hasil jepretan kamera wide angle (foto kiri) dan telephoto milik Xiaomi Redmi Note 5. Kamera telephoto diaktifkan dengan memilih mode Portrait. Latar belakang subyek bisa diburamkan (bokeh) dengan syarat harus menjaga jarak setidaknya 2,5 meter. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan hasil jepretan kamera wide angle (foto kiri) dan telephoto milik Xiaomi Redmi Note 5. Kamera telephoto diaktifkan dengan memilih mode Portrait. Latar belakang subyek bisa diburamkan (bokeh) dengan syarat harus menjaga jarak setidaknya 2,5 meter.

Kecerdasan buatan pada Redmi Note 5 AI, misalnya, bisa menghasilkan efek bokeh (background blur). Tak hanya untuk kamera belakang, fitur bokeh juga disematkan di kamera depan yang hanya berjumlah satu.

Tak hanya kamera belakang, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5 pun sanggup memburamkan latar belakang (foto kiri) dengan teknologi AI, tanpa membutuhkan kamera kedua. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tak hanya kamera belakang, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5 pun sanggup memburamkan latar belakang (foto kiri) dengan teknologi AI, tanpa membutuhkan kamera kedua.

KompasTekno sempat menjajal Redmi Note 5 AI Dual Camera barang sejenak, termasuk mencoba kebolehan fitur kecerdasan buatan yang ditanam di kameranya. Simak penelusuran selengkapnya dalam rangkaian foto di tautan berikut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X