Harga Redmi Note 5 Bikin Ponsel Xiaomi Lain Tak Laku?

Kompas.com - 18/04/2018, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi memiliki beberapa jajaran produk dalam satu range harga yang berdekatan. Kebanyakan produk Xiaomi saat ini berada pada kisaran harga 2 hingga 3 juta.

Sebut saja Redmi Note 5 AI "Dual Camera" yang baru saja resmi masuk Indonesia. Dengan harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, tentu harga ini berdekatan dengan harga ponsel Xiaomi model lain di pasar, semisal Xiaomi Mi A1.

Dengan harga yang berdekatan ini ,tentu saja ada kemungkinan "saling bunuh" alias saling memakan pangsa pasar produk satu sama lain. Kendati demikian, Xiaomi sesumbar meski produknya punya harga dalam jarak yang dekat, kanibalisme ini tak akan terjadi.

Menurut Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, lini produk Xiaomi yang masuk ke Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga konsumen memiliki lebih banyak opsi yang bisa dipilih.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi Redmi Note 5 AI di Indonesia

"Setiap produk punya karakteristik yang berbeda. Beda tipe, beda juga target konsumennya," ungkap Steven di sela-sela acara peluncuran Redmi Note 5 AI Dual Camera, Rabu (18/4/2018) di Jakarta.

Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi saat sesi wawancara dengan media dalam peluncuran Redmi Note 5 Dual CameraKOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi saat sesi wawancara dengan media dalam peluncuran Redmi Note 5 Dual Camera
Ia menambahkan, sejatinya beberapa produk Xiaomi yang sudah lebih dulu masuk ke pasar Indonesia pun mengalami penyesuaian harga. Ini salah satu alasan mengapa Xiaomi yakin pangsa pasar di Indonesia tak akan tumpang-tindih.

"Produk lama kami pantau terus. Contohnya Mi A1 yang juga (harganya) disesuaikan. Jadi setiap produk memang punya target masing-masing," lanjut Steven.

Xiaomi memang dikenal sebagai vendor ponsel yang "merusak" harga. Produk Xiaomi kerap dibanderol dengan harga miring meski dengan spesifikasi tinggi.

Baca juga: Redmi 5 Dijuluki Perusak Harga Pasar, Apa Kata Bos Xiaomi Indonesia?

Salah satunya adalah yang baru saja resmi masuk ke Indonesia yakni Redmi Note 5 Dual Camera dengan teknologi AI.

Dengan fitur kecerdasan buatan dan teknologi dual-camera, Redmi Note 5 dipasarkan dengan harga Rp 2,5 juta untuk varian RAM 3 GB penyimpanan 32 GB, dan Rp 3 juta untuk varian RAM 4 Gb penyimpanan 64 GB.

Ponsel dengan kamera berteknologi Artificial Intelligence ini pun menjadi perangkat Xiaomi pertama dengan prosesor Snapdragon 636 di dunia, dan yang masuk pasar Indonesia.

Baca juga : Menjajal Kecerdasan Kamera Ponsel Redmi Note 5 AI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.