Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Chrome Bungkam Situs yang Bikin Kaget

Kompas.com - 19/04/2018, 11:07 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Pernah kaget saat sedang browsing internet, karena suara video yang diputar situs web tiba-tiba muncul? Hal itu terjadi karena situs web yang dikunjungi secara otomatis memutar video (autoplay).

Nah, kejadian semacam itu tak akan berulang lagi dengan hadirnya sebuah fitur baru di update peramban Chrome versi terbaru (66). Update tersebut mulai digulirkan oleh Google pekan ini.

Secara default, Chrome 66 akan mematikan autoplay video di situs-situs yang dikunjungi. Pengguna pun tak perlu buru-buru meraih tombol pengatur volume untuk “membungkam” browser secara manual.

Selain di versi PC desktop, Chrome terbaru juga akan mematikan autoplay video di situs-situs mobile, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (19/4/2018).

Baca juga: Browser Firefox Quantum Dirilis, Diklaim Lebih Enteng dari Chrome

Ada beberapa pengecualian untuk perlakuan baru Chrome terhadap video autoplay ini. Video yang memang tidak memiliki suara akan tetap diputar secara otomatis.

Lalu, situs-situs di mana pengguna sebelumnya terdeteksi sering berinteraksi dengan video, juga akan tetap menjalankan autoplay dengan suara, contohnya YouTube.

Statistik interaksi pengguna dengan video di situs-situs yang dikunjungi dapat dilihat dengan mengetikkan “chrome://media-engagement/“ (tanpa tanda kutip) di kolom alamat URL browser Chrome. Apabila angka interaksinya tinggi, maka Chrome akan tetap menjalankan fitur autoplay video di situs itu.

Selain itu, Chrome juga akan tetap mengaktifkan autoplay untuk situs-situs yang disimpan di laman homescreen di versi mobile peramban tersebut.

Pastikan browser Chrome di Android dan iOS telah diperbarui dengan mengunjungi App Store masing-masing. Lebih lanjut untuk mengetahui cara update Google Chrome, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com