Browser Chrome Bungkam Situs yang Bikin Kaget

Kompas.com - 19/04/2018, 11:07 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pernah kaget saat sedang browsing internet, karena suara video yang diputar situs web tiba-tiba muncul? Hal itu terjadi karena situs web yang dikunjungi secara otomatis memutar video ( autoplay).

Nah, kejadian semacam itu tak akan berulang lagi dengan hadirnya sebuah fitur baru di update peramban Chrome versi terbaru (66). Update tersebut mulai digulirkan oleh Google pekan ini.

Secara default, Chrome 66 akan mematikan autoplay video di situs-situs yang dikunjungi. Pengguna pun tak perlu buru-buru meraih tombol pengatur volume untuk “membungkam” browser secara manual.

Selain di versi PC desktop, Chrome terbaru juga akan mematikan autoplay video di situs-situs mobile, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (19/4/2018).

Baca juga: Browser Firefox Quantum Dirilis, Diklaim Lebih Enteng dari Chrome

Ada beberapa pengecualian untuk perlakuan baru Chrome terhadap video autoplay ini. Video yang memang tidak memiliki suara akan tetap diputar secara otomatis.

Lalu, situs-situs di mana pengguna sebelumnya terdeteksi sering berinteraksi dengan video, juga akan tetap menjalankan autoplay dengan suara, contohnya YouTube.

Statistik interaksi pengguna dengan video di situs-situs yang dikunjungi dapat dilihat dengan mengetikkan “chrome://media-engagement/“ (tanpa tanda kutip) di kolom alamat URL browser Chrome. Apabila angka interaksinya tinggi, maka Chrome akan tetap menjalankan fitur autoplay video di situs itu.

Selain itu, Chrome juga akan tetap mengaktifkan autoplay untuk situs-situs yang disimpan di laman homescreen di versi mobile peramban tersebut.

Pastikan browser Chrome di Android dan iOS telah diperbarui dengan mengunjungi App Store masing-masing. Lebih lanjut untuk mengetahui cara update Google Chrome, kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber MASHABLE
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X