Chat, Aplikasi Kirim Pesan Google Pengganti SMS Pesaing iMessage

Kompas.com - 20/04/2018, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Pengguna iOS tak asing lagi dengan iMessage. Layanan pesan ini tersedia secara default pada masing-masing perangkat iOS. Nah, Google pun tengah mengembangkan layanan serupa untuk pengguna Android.

Diketahui layanan ini bernama "Chat". Berbeda dengan aplikasi pesan instan lain, Chat ditujukan sebagai alternatif SMS pada perangkat Android. Google pernah membuat platform serupa, yakni Allo. Namun proyek ini dihentikan sementara, dengan dirilisnya Chat.

Mekanisme kerja Google Chat serupa dengan iMessage. Chat, mengadopsi sistem Rich Communication Service (RCS) di mana sistem ini merupakan pengembangan dari SMS dengan sejumlah penambahan kemampuan.

Oleh karena itu layanan ini bakal memiliki fitur-fitur chatting/messaging terkini, seperti notifikasi pesan terbaca, emoji, hingga kemampuan berkirim foto dan video.

Namun perlu ditekankan sekali lagi, Chat bukanlah aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Facebook Messenger.

Baca juga: Google Bakal Ubah SMS Jadi Mirip WhatsApp

Layanan ini mengadopsi mekanisme RCS di mana ini merupakan carrier-based service, alias perlu dilakukan kerja sama dengan operator seluler. Operator jugalah yang kemudian menentukan apa yang bisa dan tak bisa dilakukan oleh layanan Chat. 

Bedanya dengan iMessage dan WhatsApp

Dikutip KompasTekno dari TheVerge, Jumat (20/4/2018) Chat adalah layanan perpesanan alternatif dari SMS yang dikembangkan khusus untuk platform Android. Mirip dengan iMessage pada iOS namun perbedaannya, baik pesan yang dikirim maupun diterima tidak dapat dienkripsi.

Cara kerjanya pun berbeda dengan aplikasi pesan instan semisal Whatsapp atau Telegram. Ketika Anda mengirim pesan lewat Chat, pesan tersebut akan diteruskan kepada penerima lewat operator seluler.

Jika penerima adalah pengguna Android, maka pesan tersebut akan ditampilkan lewat layanan Chat. Jika penerima bukan pengguna Android, pesan akan masuk dalam bentuk SMS, begitu pula sebaliknya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.