Facebook Dikabarkan Bakal Bikin “Chip” Sendiri

Kompas.com - 20/04/2018, 13:45 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Di tengah isu pencurian data yang menerpa Facebook, raksasa jejaring sosial itu terus menjalankan rencananya untuk masa depan. Salah satunya disinyalir adalah upaya untuk membikin chip komputer sendiri.

Dugaan mengenai hal tersebut mengemuka setelah Facebook mengunggah lowongan posisi manager untuk proyek pengembangan “end-to-end SoC/ ASIC dan firmware” di situs korporat perusahaan.

SoC alias System-on-Chip adalah chip yang mengandung berbagai komponen lengkap di satu kemasan, misalnya CPU, GPU, dan modem. SoC biasanya dipakai di perangkat mobile karena bentuknya ringkas dan hemat daya.

Sementara, ASIC (Application Specific Integrated Circuit) adalah tipe chip yang ditujukan untuk mengolah tugas tertentu yang spesifik.

Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa Facebook memang berminat membuat chip sendiri, tapi upayanya masih berada dalam tahap awal, mungkin baru pembentukan tim.

Untuk apa Facebook membuat chip sendiri? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (19/4/2018), perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu bisa menanamnya di produk-produk hardware, artificial intelligence, sekaligus server di data center.

Apabila sudah memiliki chip bikinan sendiri, Facebook pun bisa mengurangi ketergantungan dari pabrikan lain yang selama ini menjadi pemasok chip untuk memenuhi kebutuhan hardware, misalnya Intel dan Qualcomm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chip Qualcomm, misalnya, dipakai di produk headset virtual reality (VR) stand-alone Oculus Go yang dijadwalkan meluncur bulan depan. Belum lagi produk-produk hardware lain macam speaker pintar yang kabarnya sedang dikembangkan Facebook.

Selain mengurangi ketergantungan terhadap vendor lain, dengan memiliki chip buatan sendiri, Facebook bisa menyesuaikan chip secara khusus untuk keperluan spesifik, sesuai fungsi hardware yang menggunakannya.

Baca juga : 10 Chip yang Paling Banyak Dipakai Android di 2017

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.