Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Tombol "Login with Facebook" Jadi Pintu Kebocoran Data

Kompas.com - 20/04/2018, 15:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Isu keamanan data pengguna tak henti-hentinya menghantam Facebook. Skandal Cambridge Analyitica yang berhasil membobol tak kurang dari 87 juta data pengguna, seolah hanya menjadi pembuka untuk penyelidikan kasus lain soal pencurian data di platform tersebut.

Selain melalui aplikasi ketiga seperti kuis #thisisyourdigitallife buatan Aleksandr Kogan, data pengguna Facebook dilaporkan dicuri melalui pelacak Javascript pihak ketiga yang ikut menempel di fitur "Login With Facebook" (masuk dengan Facebook).

Tombol ini sering dijumpai setiap kali pengguna mengunjungi situs web yang mengharuskan mereka untuk mendaftar. Untuk mempercepat langkah pendaftaran, mereka bisa login menggunakan akun Facebook.

Pelacak yang tertanam di tombol itu menambang informasi data pengguna, seperti alamat e-mail, usia, gender, lokasi, dan foto profil, tergantung informasi apa yang disediakan oleh para pengguna Facebook.

Informasi yang diambil dari pengguna Facebook melalui Javascript yang tertempel di situs webTechCrunch/Freedom to Tinker Informasi yang diambil dari pengguna Facebook melalui Javascript yang tertempel di situs web
Ketika pengguna mengklik "Login/Sign-up with Facebook", artinya, mereka mengizinkan situs web yang mereka kunjungi untuk mengakses data profil Facebook mereka.

Baca juga: Facebook Tetap Tarik Data Pengguna yang Log Out, Begini Cara Mengontrolnya

Bahkan setelah Facebook mengunci fitur tersebut, situs web akan tetap meminta alamat e-mail pengguna dan profil umum seperti nama, umur, gender, lokasi, dan foto profil, tanpa harus ditinjau manual oleh Facebook.

Tepat setelah pengguna mengizinkan situs web tersebut mengakses profil Facebooknya, Javascript pihak ketiga akan menempel di laman, yang diproyeksikan sebagai tracker.com pada ilustrasi di bawah ini.

Ilustrasi transfer data pengguna Facebook ke JavascriptTechCrunch/Freedom to Tinker Ilustrasi transfer data pengguna Facebook ke Javascript
Pelacak tersebut juga bisa mengambil kembali data pengguna seolah-olah mereka adalah pihak pertama (Facebook).

Belum diketahui akan digunakan untuk tujuan apa data tersebut. Namun, jika melihat induk perusahaan pelacak yang tercantum pada gambar di atas, seperti OnAudience, ProPS, dan lainnya, mereka adalah perusahaan pengepul data yang menjual layanan monetisasi berdasarkan data pengguna yang dikumpulkan.

Update: Pihak Tealium memberikan klarifikasi, kepada KompasTekno, bahwa mereka tidak menggunakan data Facebook seperti yang disebutkan di artikel ini. Software Tealium hanya digunakan dalam internal perusahaan untuk menangani data pengguna mereka sendiri. Tealium sendiri tidak menggunakan data tersebut untuk keperluan apapun dan tidak menjual, membagi, atau menjualnya.

Baca juga: Viral Kabar Facebook Bakal Diblokir 24 April, Hoaks atau Fakta?

Dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (20/4/2018), ada sekitar 434 dari 1 juta situs web teratas yang tertempel skrip pelacak, yang digunakan untuk mengais data pengguna.
Di antara situs web tersebut adalah Fiverr.com dan provider database MongoDB.

Ada juga situs web BandsInTown, yang menampilkan layanan iklan yang disebut "Amplified".
Ketika pengguna mengunjungi situs BandsInTown yang juga menampilkan Amplified, skrip pengoleksi data juga menempel ke laman situs secara tak kasat mata melalui iframe (bingkai berupa chatbox atau video yang menampilkan laman web lain).

iFrame tersebut terkoneksi dengan aplikasi Facebook, menggunakan token otentikasi, dan kemudian mulai mengambil data pengguna. BandsInTown pun mengklaim telah memperbaiki celah di situsnya tersebut.

Mereka mengaku tidak memberikan data ilegal ke pihak ketiga.

"Dan setelah menerima e-mail dari peneliti tentang potensi kerentanan di dalam skrip yang berjalan di platform kami, kami segera mengambil langkah tepat untuk menyelesaikannya", jelas perwakilan BandsInTown.

Sementara situs lain yang terdampak seperti MongoDB, mengabarkan pada TechCrunch jika mereka merasa kecolongan dengan skrip pelacak yang digunakan pihak ketiga untuk mengumpulkan data pengguna Facebook.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com