Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drone Ryze "DJI" Tello Dijual di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 20/04/2018, 16:29 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal tahun ini, perusahaan startup bernama Ryze Tech memperkenalkan produk drone murah meriah bernama Tello yang ditujukan untuk konsumen awam.

Selang beberapa bulan setelahnya, Tello sudah muncul di situs e-commerce Indonesia. Sang drone mungil dengan bobot hanya sekitar 80 gram (termasuk empat baling-baling dan baterai) ini ditawarkan seharga Rp 1.699.000.

Pre-order Ryze Tech Tello berlangsung mulai 10 April lalu hingga hari ini, Jumat (20/4/2018). Pengiriman produk dijadwalkan awal pekan depan pada tanggal 23 April. Selengkapnya dapat dilihat di situs Blibli.

Ryze Tech adalah perusahaan asal Shenzhen, China. yang didukung oleh pemain besar di dunia drone, DJI, bekerja sama dengan Intel yang membikin "otak" di dalam Tello.

Selain di mitra penjual dan situs Ryze Tech sendiri, Tello turut dijual di situs DJI sehingga bisa dipandang sebagai tawaran drone entry level dari pabrikan yang juga berasal dari China itu.

Harga Tello dipatok jauh lebih rendah dibandingkan produk-produk drone lain dari DJI, semisal Spark yang harganya masih di atas kisaran Rp 5 juta. Belum lagi seri Phantom yang berada di kisaran belasan juta rupiah.

Baca juga : ?Stabilizer? DJI Osmo Mobile 2 Dirilis, Harga Rp 1 Jutaan

Kendati ramah kantong, Tello dibekali serangkaian kemampuan menarik, seperti bisa menghindari halangan secara otomatis (obstacle avoidance) berkat chip Intel yang tertanam di dalamnya.

Tello sanggup terbang selama 13 menit dengan jarak maskimal 100 meter dan kecepatan 8 meter per detik. Drone mungil ini dirancang agar mudah digunakan. Ia bisa lepas landas dan mendarat secara otomatis, juga melayang di tempat apabila sedang tidak dikendalikan.

Unit kamera yang tersemat di Tello sanggup merekam video HD (720p, 30 FPS), menjepret foto beresolusi 5 megapiksel, serta turut dilengkapi electronic image stabilizer (EIS) untuk meredam goyangan.

Karena turut dirancang untuk keperluan edukasi murid sekolah, Tello juga bisa diprogram dengan sistem coding Scratch besutan MIT Media Labs yang berisi teknik-teknik programming dasar. Pengguna yang sudah lebih mahir bisa menggunakan Tello SDK untuk membuat aplikasi untuk sang drone.

Penasaran? Simak aksi Tello dalam video di tautan berikut ini.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com