Robot Daisy Ciptaan Apple Preteli 200 iPhone per Jam

Kompas.com - 20/04/2018, 17:16 WIB
Robot daur ulang iPhone bernama Daisy yang menggantikan robot Liam CnetRobot daur ulang iPhone bernama Daisy yang menggantikan robot Liam

KOMPAS.com - Menjelang Hari Bumi atau Earth Day, yang jatuh pada 22 April mendatang, Apple memperkenalkan robot pencinta alam buatan mereka bernama Daisy. Robot ini diklaim bisa mempreteli komponen iPhone lawas, menjadi material-material yang lebih layak digunakan lagi.

Vendor asal Cupertino, AS itu mengklaim jika Daisy bisa membongkar sembilan versi iPhone dan memilah komponen-komponen berkualitas tinggi untuk didaur ulang.

Daisy mampu membongkar hingga 200 unit iPhone per jam untuk mengambil komponen yang berkualitas tinggi. Metode ini dianggap Apple lebih baik dibanding menggunakan program daur ulang tradisional.

Daisy bukanlah robot pendaur ulang pertama milik Apple, pada tahun 2016, Apple juga memperkenalkan robot yang sama bernama Liam.

Baca juga: Hari Bumi, Google Doodle Bagi-bagi Tips Merawat Lingkungan

Selain Daisy, Apple juga mengumumkan program lain untuk menguatkan citra mereka sebagai perusahaan teknologi raksasa yang ramah lingkungan.

Program tersebut bertajuk GiveBack, di mana para pengguna iPhone bisa mengembalikan iPhone lawas mereka ke toko Apple melalui situs resmi Apple.com  untuk didaur ulang. Penyerahan perangkat akan berlangsung hingga 30 April 2018, dan jika perangkat yang dikembalikan memenuhi syarat, Apple akan memberikan hadiah ke pelanggan mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, Apple akan menyerahkan donasi dari hasil program ini, kepada lembaga swadaya Conversation International, yang mengampanyekan praktik ramah lingkkungan di lebih dari 30 negara.

"Apple senantiasa berusaha menemukan solusi cerdas untuk mengatasi perubahan iklim dan melestarikan sumberdaya yang berharga di planet kita", ujar Lisa Jackson, Vice President of Environment, Policy and Social Initiative Apple, seperti dilansir KompasTekno dari Mobile Syrup, Jumat (20/4/2018).

Apple sendiri sesumbar telah menggunakan 100 persen energi baru dan terbarukan di seluruh dunia, setelah menerbitkan Green Bond atau obligasi berwawasan lingkungan senilai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 13,8 triliun), untuk rantai pasokan dan pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Demi Lingkungan, Apple Bakal Stop Bikin iPhone Pakai Hasil Tambang

Selain Daisy dan program GiveBack, Apple juga menyelenggarakan "Earth Day Challenge" yang menganjurkan pengguna Apple Watch untuk keluar ruangan dan melakukan olahraga selama 30 menit.

Pengguna Apple Watch akan diberi notifikasi tentang program tersebut, dan bagi yang bisa menyelesaikan semua tantangannya, Apple menjanjikan akan memberikan hadiah spesial dan stiker unik di iMassage.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X