Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Danai Proyek "Live Streaming" Bumi dari Angkasa

Kompas.com - 20/04/2018, 18:31 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Dengan seabreg harta yang dimilikinya, Bill Gates dikenal gemar berderma dan berinvestasi, termasuk di sektor teknologi. Belakangan, pendiri Microsoft ini dilaporkan menanam modal di sebuah perusahaan baru bernama EarthNow.
 
Didirikan pada 2017 lalu, EarthNow berencana membangun proyek konstelasi satelit untuk memantau Bumi dari angkasa.
 
Rangkaian satelit tersebut nantinya akan menyalurkan tayangan video permukaan Bumi secara langsung (live streaming). Cakupannya meliputi seluruh planet, dan bisa diakses kapan pun dari smartphone dan tablet. 
 
Tayangan video live streaming ini dijanjikan bakal berkualitas lebih bagus dari video serupa yang tersedia sekarang, dengan latency (jeda) hanya satu detik.

Baca juga: SpaceX Minta Izin Kepung Bumi dengan 4.000 Satelit

 
“Setiap satelit dibekali kemampuan prosesan yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk jumlah inti CPU yang lebih banyak dari jumlah gabungan semua satelit komersial,” sebut EarthNow dalam keterangan tertulis, dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (20/4/2018).
 
EarthNow membidik pasar enterprise dan pemerintahan. Video live streaming satelit bisa dipakai untuk hal-hal seperti memantau pergerakan badai, penangkapan ikan ilegal, kebakaran hutan, dan lain-lain.
 
Beberapa perusahaan besar turut menjadi investor EarthNow, seperti SotfBank dan Airbus yang akan membangun satelit di Toulouse dan Florida. Jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dari investor tidak dirinci. 
 
Masih belum ada jadwal untuk eksekusi proyek EarthNow. Perusahaan baru ini merupakan spin off dari firma Intellectual Ventures yang dikenal memiliki portofolio paten berjumlah banyak. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com