Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Disebut Ampuh untuk Mengusir Roh Jahat

Kompas.com - 21/04/2018, 08:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, sejumlah pemuka agama menghadiri kursus tentang bagaimana pengusiran roh jahat di Roma, Italia.

Agenda yang berlangsung sepekan penuh tersebut meliputi diskusi dan kuliah umum yang membahas teknik pengusiran roh jahat, termasuk penggunaan telepon seluler, seperti yang disampaikan Kardinal Ernest Simoni asal Albania.

"Ada pastor yang melakukan eksorsime (pengusiran roh jahat) melalui ponsel. Hal itu berhasil, terima kasih Tuhan", jelas Kardinal Ernest Simoni saat menyampaikan materi pada hari pertama.

Kardinal Ernest Simoni, mengaku telah melakukan praktik eksorsisme selama bertahun-tahun.

"Mereka meneleponku dan kami berbicara, begitu cara kerjanya", imbuhnya seperti KompasTekno rangkum dari Gizmodo UK, Sabtu (21/4/2018).

Baca juga : Radiasi Ponsel Picu Kanker pada Tikus, Apa Artinya bagi Manusia?

Simoni melanjutkan, ia membacakan doa untuk pengusiran roh jahat melalui telepon dalam bahasa Latin.

Profesor Giuseppe Ferrari, yang turut menjadi penyelenggra kursus yang berlangsung di Universitas Pontificial Regina Apostolorum, Roma tersebut, menyoroti bagaimana eksorsisme via telepon bisa mengendalikan fisik (orang yang kerasukan) .

"Pastor berdoa melalui sambungan telepon untuk menenangkan mereka, tapi jika Anda tidak berada di sana, Anda tidak bisa mengendalikan fisik orang yang kerasukan", ujar Ferrari.

Namun, beberapa praktik eksorsisme via telepon disebut cukup efektif. Saat ritual eksorsisme dilakukan, orang-orang yang kerasukan roh jahat memiliiki kekuatan yang tak sewajarnya dimiliki manusia dan memuntahkan kuku-kuku serta pecahan beling.

Baca juga : Makin Besar Layar Ponsel, Makin Lama Pengguna Tatap Layar

Pengusiran roh jahat via telepon ini mulai digunakan karena Vatikan menilai, permintaan eksorsisme sedang meningkat sejak tahun 2017.  Paus Fransiskus pun mengimbau para imam untuk tidak ragu menyarankan umat untuk mengusir roh jahat yang mengnganggu mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com