Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Televisi 8K dari Sharp Seharga Mobil

Kompas.com - 21/04/2018, 09:43 WIB
Laksono Hari Wiwoho,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com - Setelah menjamah pasar China, Jepang, dan Taiwan, televisi Sharp Aquos 8K resmi hadir di Eropa akhir bulan ini.

Di Benua Biru, televisi berlayar LED 70 inci (177 cm) ini dibanderol sebesar 11.199 euro atau sekitar Rp 192 juta dan nantinya juga akan diboyong ke Indonesia.

Sharp LV-70X500E, begitulah nama aslinya, sudah mulai mengisi pasar China pada Oktober 2017 dan Jepang pada Desember 2017. Februari lalu, giliran Taiwan yang menjadi target penjualan.

Mengutip Antaranews, Sharp juga akan menghadirkan televisi serupa di Indonesia pada November nanti.

Dalam acara Global Press Conference IFA Berlin 2018, yang dihadiri wartawan Kompas.com, Laksono Hari Wiwoho, di Roma, Italia, Jumat (20/4/2018), Vice President Marketing and Sales (Europe) Sharp Sascha Lange mengatakan bahwa inilah televisi 8K pertama yang hadir di Eropa.

Lange menyebutkan, resolusi gambar 7.680 x 4.320 pixel pada layar TV tersebut menjadikan tayangan gambarnya lebih detail.

Dengan format 8K, kata Lange, efek tiga dimensi pada monitor televisi akan lebih terasa sehingga penggunanya dapat merasakan pengalaman seolah berada di tengah-tengah kejadian sesungguhnya dari tayangan TV.

Mengenai kontennya, Lange mengatakan bahwa pada dasarnya TV berkualitas 8K ini bisa mengakomodasi gambar dengan resolusi lebih rendah dengan mengonversi gambar 2K (FHD) maupun 4K (UHD) ke resolusi lebih tinggi (upscaling).

Khusus di Eropa, konten asli berkualitas 8K nantinya dapat dinikmati dalam siaran turnamen tenis Grand Slam Perancis Terbuka pada pertengahan tahun ini.

Di Eropa, Sharp Aquis 8K akan mulai tersedia pada akhir April. Jika di sana harganya hampir menyentuh Rp 200 juta, apakah harganya tidak jauh berbeda ketika dipasarkan Indonesia nanti? Tunggu saja.

Berikut ini spesifikasi TV Sharp 8K.

SHARP Spesifikasi Televisi Sharp Aquos 8K

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com