Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Ulang Terbaru, 328 Juta Kartu Prabayar Dinyatakan Berhasil Terdaftar

Kompas.com - 23/04/2018, 19:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir Maret 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan ada perbedaan data jumlah kartu SIM prabayar yang berhasil teregistrasi, antara operator seluler dan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini mencerminkan bahwa sistem registrasi kartu SIM prabayar belum sepenuhnya sempurna. Sejak saat itu, dilakukan rekonsiliasi berkala atas data registrasi kartu SIM prabayar yang tervalidasi.

Hingga kini sudah lima kali dilakukan rekonsiliasi, di mana jumlah terakhir kartu SIM prabayar yang telah terdaftar mencapai 328.332.548.

Di antaranya ada 163 jutaan nomor Telkomsel, 103 jutaan nomor Indosat Ooredoo, 47 jutaan nomor XL Axiata, 14 jutaan nomor Hutchison Tri, 8 jutaan nomor Smartfren, serta 15.000-an nomor STI.

“Kami klarifikasi, setelah dilakukan rekonsiliasi maka perbedaan yang terbesar itu karena adanya double hit,” kata Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys, Senin (23/4/2018), di Jakarta.

“Dari Dukcapil mencatat berapa banyak hit atas nomor tertentu. Dari operator mencatat dari sekian hit yang suksesnya berarti cuma satu, ya itu saja yang dihitung. Secara teknis, ini hal yang normal,” ia menambahkan.

Baca juga : 1 NIK Dipakai Daftar 2,2 Juta Nomor Prabayar, Ini Tindakan Kominfo

Adapun data 328 jutaan kartu SIM prabayar yang berhasil terdaftar itu hingga periode Selasa (17/4/2018) pekan lalu. Menurut Merza, data rekonsiliasi kelima akan dilaporkan Selasa (25/4/2018) besok.

“Nanti ada angka rekonsiliasi kelima besok, lalu yang keenam minggu depan. Hasil terakhir 30 April,” ia menuturkan.

Diketahui, periode registrasi kartu SIM prabayar dengan NIK dan KK dimulai pada 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018. Selanjutnya dilakukan pemblokiran bertahap bagi nomor-nomor yang belum register, hingga akhirnya pemblokiran total pada 1 Mei 2018.

Baca juga : 1 Mei Belum Registrasi Kartu SIM Prabayar, Blokir Total!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com