Ini Video Pertama yang Diunggah ke YouTube, Tepat 13 Tahun Lalu

Kompas.com - 23/04/2018, 20:39 WIB
Ilustrasi YouTubeIst Ilustrasi YouTube

KOMPAS.com - Tepat 13 tahun lalu, pada 23 April 2005, salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim, mengunggah video pertama ke situs video sharing yang kelak bakal meraksasa itu.

Video unggahan Karim berupa klip pendek berjudul “Me at the Zoo (Saya di Kebun Binatang)”. Upload dilakukan melalui akun miliknya yang bernama “jawed”.

Tayangan video bersejarah ini memiliki durasi 19 detik. Di dalam video tampak Karim berdiri di depan kandang gajah. Dia tampak terkesima dengan belalai gajah yang disebutnya “sangat, sangat panjang”.

Terlihat bahwa video masih direkam menggunakan aspect ratio non-widescreen yang umum ketika itu. Akibatnya ada bidang kosong berwarna hitam di sisi kanan dan kiri video (pillarboxing).

Video pertama di YouTube, berjudul Me at the Zoo unggahan salah satu pendirinya, Jawed Karim. YOUTUBE/ jawed Video pertama di YouTube, berjudul Me at the Zoo unggahan salah satu pendirinya, Jawed Karim.
YouTube sendiri didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal. Selain Karim, ada Chad Hurley dan Steve Chen. Domain www. youtube.com diaktifkan pada 14 Februari 2005, lalu situsnya dikembangkan dalam beberapa bulan setelahnya.

Pada masa-masa awalnya, YouTube beroperasi sebagai perusahan startup yang didanai oleh Sequoia Capital. Kantornya ada di lantai di atas sebuah restoran pizza di San Mateo, California.

Baca juga : Fakta Mengejutkan soal Awal Mula YouTube

Dicaplok Google

Dalam waktu singkat setelah debutnya tiga belas tahun lalu, YouTube tumbuh pesat.

Bedasarkan informasi yang dirangkum KompasTekno dari LA Times, Senin (23/4/2018), pada Juli 2006 YouTube sudah mencatat sebanyak 65.000 video diunggah ke situsnya setiap hari.

Meski belum mencatat untung, popularitas YouTube yang mulai melejit membuatnya dilirik oleh raksasa-raksasa teknologi.

Salah satunya adalah Google yang kemudian mengakuisisi YouTube pada Oktober 2006 senilai 1,65 miliar dollar AS dalam bentuk saham.

YouTube pun kini berstatus sebagai salah satu anak usaha Google yang paling dikenal, di bawah kepemimpinan CEO Susan Wojcicki.

Dari video kebun binatang sederhana, YouTune kini telah menjelma jadi platform raksasa yang melahirkan banyak bintang, entah musisi, vlogger, hingga reviewer dan prankster.

Menurut keterangan Google, jumlah pengguna yang terdaftar di YouTube kini mencapai 1,5 miliar yang tersebar di 90 negara. Setiap menitnya ada 400 jam video yang diunggah ke YouTube, dengan total 576.000 jam per hari.

Tayangan video pertama yang mengawali perjalanan YouTube masih bisa disaksikan hingga sekarang. Untuk melihatnya, silakan klik tautan berikut.  

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X