Video Parodi Zuckerberg Hapus Facebook Viral, Ditonton Jutaan Kali

Kompas.com - 24/04/2018, 07:28 WIB
Tangkapan layar video A World Without Facebook buatan Andrew Oleck Facebook/Video of InternetTangkapan layar video A World Without Facebook buatan Andrew Oleck

KOMPAS.com - Gerakan #DeleteFacebook yang digaungkan kala skandal penyalahgunaan data pengguna Facebook mencuat, cukup banyak mendapat sambutan. Namun apa jadinya, jika sang CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg, yang menghapus Facebook?

Sebuah video berjudul "A World Without Facebook" (WWF), menampilkan sosok "Zuckerberg" sedang mengumumkan bahwa dirinya sendiri, akan menghapus Facebook. Namun jika diamati lebih dekat, Zuckerberg tersebut rupanya bukan Zuckerberg yang sebenarnya.

Gerak bibir saat berbicara tampak tidak natural, ditambah suara "Zuckerberg" amat sangat berbeda dengan suara sang CEO asli ketika bersaksi di depan senator Amerika Serikat awal April lalu.

Bibir "palsu" dan suara tersebut ternyata dibuat oleh Andrew Oleck menggunakan software After Effect.

Oleck sengaja membuat video satir ini dan merilisnya tepat tanggal 1 April lalu, dan merilis ulang setelah Zuckerberg bersaksi di hadapan senat AS, 9 April 2018. Hingga berita ini ditulis, video tersebut telah disaksikan 34 juta kali dan dibagikan 236.000 kali.

Baca juga : Cerita di Balik Jalan Zuckerberg di Kampung Cyber Yogyakarta

Dalam video berdurasi 3 menit 22 detik itu, Zukcerberg gadungan menjelaskan bahwa, Facebook telah melenceng dari tujuan awal. Menyebut bahwa orang-orang justru lebih terisolasi atau menyendiri, bukan berhubungan dengan satu sama lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga menyindir pemerintah dan organisasi yang menyebut bahwa Facebook mencoba untuk merendahkan demokrasi, dengan membocorkan data privasi.

"Pertanyaan terbesar adalah, masihkan Facebook baik untuk dunia?", tanya Zukerberg palsu dalam video.

Singkatnya, dalam video tersebut digambarkan betapa bahagia dan bebasnya orang-orang jika Facebook benar-benar dihapus.

"Saya ingin membuat video yang bisa dipahami secara universal, di mana orang-orang bisa menontonnya", jelas Oleck, seperti KompasTekno rangkum dari Gizmodo, Selasa (24/4/2018).

Halaman:


Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.