LG Suntik "ThinQ" di AC, Kulkas, Televisi, dan Mesin Cuci - Kompas.com

LG Suntik "ThinQ" di AC, Kulkas, Televisi, dan Mesin Cuci

Kompas.com - 24/04/2018, 11:35 WIB
LG menyematkan teknologi kecerdasan buatan yang dijuluki ThinQ pada produk rumahan, seperti kulkas, mesin cuci, televisi, dan AC.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com LG menyematkan teknologi kecerdasan buatan yang dijuluki ThinQ pada produk rumahan, seperti kulkas, mesin cuci, televisi, dan AC.

SEOUL, KOMPAS.com - LG mulai mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) di produk-produk elektronik rumahan mereka, dengan platform ThinQ yang dikembangkan sendiri.

Perangkat home appliance LG apa saja yang mengusung kecerdasan buatan?

Dalam gelaran LG Innofest 2018 Asia di Seoul, Korea Selatan, Rabu (24/4/2018), setidaknya ada empat produk home appliance yang dipamerkan yang telah terpasang ThinQ, yaitu TV OLED, refrigerator (kulkas), mesin cuci, dan pendingin ruangan (air conditioner, AC).

Lantas, kemampuan apa saja yang bisa diberikan ThinQ untuk produk-produk di atas?

Untuk produk TV OLED, ThinQ bisa diajak sebagai asisten virtual, yang menampilkan informasi di layar, tanpa mengganggu tayangan yang sedang ditonton. Tampilan informasi dari Google Assistant ditampilkan di sepertiga bagian bawah layar.

Di lini TV OLED, ThinQ menggunakan platform Google Assistant. Pengguna bisa berkomunikasi memberi perintah suara ke TV, melalui remote control yang memiliki tombol khusus. Pertanyaan seperti waktu, cuaca, agenda, dan lainnya bisa dilontarkan pengguna.

ThinQ di TV OLED LG juga bisa menampilkan informasi aktor/aktris yang sedang muncul di layar, serta mencari review atau rekomendasi film. Hampir seluruh fungsi Google Assistant bisa digunakan di TV ThinQ LG.

Untuk kulkas, LG ThinQ menggunakan asisten virtual Alexa yang dikembangkan oleh Amazon. Alexa di kulkas LG bisa diperintah untuk mengatur suhu dari jarak jauh lewat aplikasi di smartphone, selama keduanya terhubung dengan internet.

Fitur lain yang disediakan, mengaktifkan pendingin cepat untuk membuat es batu, atau fitur hygiene fresh yang bisa diaktifkan untuk mengurangi bau. Jika terhubung dengan microwave, maka informasi berapa lama resep masakan butuh dimasak juga akan diatur secara otomatis.

ThinQ di kulkas LG pun bisa memberi peringatan jika pintu kulkas tidak tertutup rapat, atau saat kulkas butuh diservis, seperti penggantian filter.

Sementara di produk pendingin ruangan (AC), ThinQ bisa digunakan untuk mengaktifkan AC dari jarak jauh dengan aplikasi di smartphone. Sehingga suhu ruangan sudah dingin saat pemilik memasuki ruangan. Pengguna juga bisa memberi perintah suara, berapa suhu AC yang diinginkan.

Fungsi pengaktifan perangkat dari jarak jauh ini juga dimiliki di produk mesin cuci LG.

Beberapa produk elektronik rumah tangga yang berteknologi ThinQ saat ini sudah ada yag mulai dipasarkan di Indonesia. ??Semua produk elektronik rumah tangga LG yang dilengkapi ThinQ memiliki logo vektor berbentuk menyerupai rumah, dengan tulisan SmartThinQ pada sisinya.



Close Ads X