Tak Ingin Bernasib seperti HTC, Ini Strategi LG Mobile di Indonesia

Kompas.com - 25/04/2018, 07:24 WIB
LG V30 Plus Reska K. Nistanto/KOMPAS.comLG V30 Plus

SEOUL, KOMPAS.com - Vendor asal Korea Selatan LG memiliki lini smartphone premium yang tak kalah memikat dari pesaing, seperti yang terbaru seri V30 Plus dan G6. Namun di Indonesia, kehadirannya kurang terasa, akibat gempuran ponsel China yang kegiatan pemasarannya tergolong jor-joran.

Kondisi serupa dialami vendor smartphone asal Taiwan, HTC. Tak ingin bernasib seperti HTC yang hengkang dari pasar Indonesia, LG pun mulai berbenah.

President Director LG Electronics Indonesia, Park Seung Min pun menyadari hal ini. Saat ditemui di ajang LG Innofest 2018, ia mengatakan perusahaan akan berbenah mulai tahun ini.

"Kami menyadari kehadiran LG Mobile di Indonesia kurang dominan," kata Park Seung Min, saat ditemui KompasTekno di Seoul, Korea Selatan, Selasa (24/4/2018).

"Ada isu dimana brand China, seperti Oppo, Vivo yang mulai membesar, beberapa kompetitor mengalami kesulitan, namun LG memiliki strategi sendiri untuk pasar mobile ini," imbuh dia.

Karena itulah, Park Seung Min mengatakan LG akan menambah porsi iklan untuk produk premiumnya, seperti iklan di TV, termasuk untuk produk smartphone.

Strategi yang akan digunakan LG Mobile di Indonesia, disebut Park Seung Min, adalah memberikan value yang tepat bagi pengguna di Indonesia. Ia tidak ingin strategi seperti potong harga dipakai, layaknya merek-merek China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Park Seung Min juga mengatakan, ia juga telah belajar dari HTC yang gagal di Indonesia. HTC sendiri diketahui memiliki lini smartphone yang tak kalah menarik dari vendor-vendor premium. Namun keberadaannya tak terasa di pasar, gaungnya kalah dari vendor-vendor China.

Ditambah lagi dengan aturan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) 30 persen yang berlaku bagi ponsel 4G di Indonesia yang berat untuk dipenuhi, HTC pun akhirnya hengkang dari Indonesia.

"Saya juga belajar dari HTC (di Indonesia), saat itu saya sedang (menjabat) di China," kata Park Seung Min.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.