Melihat Kecerdasan Buatan "ThinQ" di Perangkat Elektronik Rumahan LG - Kompas.com

Melihat Kecerdasan Buatan "ThinQ" di Perangkat Elektronik Rumahan LG

Kompas.com - 25/04/2018, 10:50 WIB
Televisi buatan LG yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan ThinQ.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Televisi buatan LG yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan ThinQ.

SEOUL, KOMPAS.com - LG mulai mengintegrasikan kecerdasan buatan ThinQ di lini produk elektronik rumah tangga buatannya. Vendor lain pun sudah melakukan hal serupa. Lantas, apa kelebihan produk-produk home appliance pintar buatan LG ini?

President Director LG Electronics Indonesia, Park Seung Min mengatakan, perbedaannya terletak pada fitur dan teknologi yang dimiliki masing-masing produk.

Park Seung Min mencontohkan, televisi ThinQ LG menggunakan material OLED, sementara pabrikan lain belum ada yang membuatnya. Teknologi OLED memiliki keunggulan lebih ringan dan tipis dibanding TV materi LED atau LCD.

"Vendor pesaing belum pakai OLED, ada pabrikan Jepang juga yang akan memakai OLED, LG yang memasok panelnya," kata Park Seung Min, dijumpai di ajang LG Innofest 2018 Asia di Seoul, Rabu (24/4/2018).

Sementara untuk produk kulkas, LG menghadirkan fitur InstaView Door-in-Door. Dengan mengetuk panel layar yang dipasang di pintu kulkas, pengguna bisa melihat isi kulkas dan menemukannya dengan cepat, tidak perlu membuka pintu lama-lama.

LG mengklaim teknologi InstaView ini bisa mengurangi 41 persen udara dingin yang hilang selama membuka pintu.

Untuk produk mesin cuci, LG menghadirkan fitur Twin Wash, dimana terdapat dua mesin dalam satu perangkat, satu front-loading di atas dan satu layaknya laci di bawah, hingga kapasitasnya lebih banyak. LG mengklaim teknologi Twin Wash bisa menghemat waktu hingga 49 menit.

Seluruh produk home appliance pintar LG ThinQ bisa dikendalikan dari jarak jauh, dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Pengguna juga bisa memberikan perintah suara melalui smartphone, ke perangkat-perangkat tersebut.

ThinQ menjadi platform andalan LG dalam menghadirkan konsep smart home. Sales Director LG Electronics Indonesia, Budi Hermawan berharap, produk-produk ThinQ bisa diterima pasar di Indonesia dalam waktu satu hingga dua tahun ke depan.

Untuk mengedukasi pasar, Budi mengatakan sejumlah modern channel di kota-kota besar akan membuat rumah contoh yang menggunakan produk-produk ThinQ dari LG. Di situ, pelanggan bisa melihat, mencoba, dan merasakan pengalaman menggunakan perkakas rumah tangga pintar.



Close Ads X