AMD Janjikan Laptop Berbasis "Ryzen" Banjiri Indonesia - Kompas.com

AMD Janjikan Laptop Berbasis "Ryzen" Banjiri Indonesia

Kompas.com - 25/04/2018, 15:06 WIB
Ilustrasi prosesor AMD RyzenAMD Ilustrasi prosesor AMD Ryzen

JAKARTA, KOMPAS.com - AMD mulai gencar menggandeng pabrikan laptop untuk memakai seri prosesor Ryzen Mobile. Sejauh ini sudah ada dua brand yang menelurkan tiga model perangkat berbasis prosesor laptop terbaru dari AMD itu.

Acer mengawali debut Ryzen Mobile di Indonesia dengan laptop Swift 3 dengan prosesor seri Ryzen 7 yang meluncur Februari lalu. Pekan ini, Acer kali meluncurkan laptop Aspire 3 (Ryzen 3 dan Ryzen 5), disusul Lenovo dengan IdeaPad 720p (Ryzen 5 dan Ryzen 7).

Consumer Business Development Manager AMD Indonesia Armawati Cen menjanjikan laptop berbasis Ryzen bakal lebih banyak hadir di Indonesia.

"Nanti, sehabis Lebaran akan ada dua brand lagi yang bakal meluncurkan laptop berbasis AMD Ryzen," kata Armawati saat ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran Lenovo IdeaPad 720s di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Armawati mengklaim AMD Ryzen Mobile memiliki pengolah grafis Radeon Vega terintegrasi yang lebih mumpuni dibandingkan prosesor laptop lain saat ini.

Laptop dengan prosesor AMD Ryzen pun disebut tidak membutuhkan pengolah grafis terpisah (discreet) untuk menangani berbagai tugas pengolahan grafis sehingga menghemat tempat dan daya tahan baterai.

"(Laptop berprosesor Ryzen) bisa untuk multimedia seperti editing video. Untuk main game berat seperti Battlefield pun sanggup," kata Armawati.

Meski demikian, model-model prosesor Ryzen pun memiliki kinerja yang berbeda-beda karena perbedaan spesifikasi, termasuk dalam hal GPU terintegrasi.

Dalam hal ini Ryzen 3 duduk di posisi bontot dengan GPU Radeon Vega 3 atau Vega 5. Ryzen 5 dibekali GPU Radeon Vega 8, sementara Ryzen 7 memiliki GPU terkencang, Radeon RX Vega 10.

Ke depan, Armawati mengatakan Ryzen Mobile bakal menjadi andalan AMD untuk pasaran laptop kelas menengah dan kelas atas di Indonesia.

"Kisaran harga laptop Ryzen mulai dari Rp 5 jutaan seperti Acer Aspire 3. Untuk low-end, kami masih keep model-model prosesor lama," tandas Armawati.



Close Ads X