Oppo Rajai Pasar Smartphone di China

Kompas.com - 26/04/2018, 12:18 WIB
Booth Oppo IstimewaBooth Oppo

KOMPAS.com - Vendor smartphone China, Oppo berhasil menduduki peringkat teratas pasar smartphone di China, pada kuartal I 2018. Menurut firma riset Sino, pengapalan Oppo pada kuartal ini mencapai 18,52 juta unit.

Kuartal I seringkali menjadi masa tenang bagi vendor smartphone karena kebanyakan baru merilis perangkatnya di bulan Maret, yang menjadi bulan terakhir kuartal I. Perilisan dini duo Oppo R15 disebut mampu menggenjot penjualan Oppo pada kuartal ini.

Posisi kedua diduduki pesaing senegaranya, Vivo di posisi kedua dengan jumlah pengapalan 17,34 juta unit. Sementara posisi ketiga, ditempati oleh vendor Amerika Serikat, Apple, dengan 16,8 juta unit.

Huawei dan Honor, masing-masing berhasil mengapalkan 14 juta unit smartphone, yang mendudukkan mereka di posisi ke-4 dan ke-5 secara berurutan. Xiaomi sendiri menempati posisi ke-6, dengan total pengapalan 12,37 juta unit.

Tangkapan layar laporan pengapalan kuartal IGSM Arena Tangkapan layar laporan pengapalan kuartal I
Secara keseluruhan, vendor China mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan empat vendor yang mendominasi di lima besar jumlah pengapalan.

Dari laporan Sino, yang dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (26/4/2018), hanya Apple dan Samsung yang tercatat sebagai vendor asing di jajaran 10 besar penguasa pasar di China.

Baca juga : Ini Dia, 10 Smartphone Paling Laris di China

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun dari segi pendapatan, Apple masih unggul dibanding Oppo, Huawei, Vivo, dan Honor secara berturut-turut. Hal ini dikarenakan oleh Apple yang mematok harga tinggi untuk perangkat hig-end nya.

Baca juga : Vendor Smartphone China Rajin Produksi, MediaTek Untung Besar

Sino juga mengungkapkan bahwa Honor secara mengejutkan, mampu menembus angka 6,29 juta unit dari penjualan online dalam tiga bulan pertama 2018. Diprediksi, pergerakan pasar pada kuartal II akan berubah, sebab banyak perangkat baru yang dirilis para vendor dalam periode kuartal kedua.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.