Google Bakal Tutup Play Music, YouTube Remix Jadi Penggantinya

Kompas.com - 26/04/2018, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Google dikabarkan akan meluncurkan layanan music streaming YouTube Remix pada tahun 2019, untuk menggantikan Goole Play Music.

Setelah Google Play Music resmi pensiun, para pengguna Google Play Store untuk diminta untuk beralih ke YouTube Remix.

YouTube Remix menjadi angan-angan lama Google, yang telah direncanakan sejak tahun 2017. Saat rencana tersebut santer mengemuka, YouTube Remix disebut-sebut akan menjadi pesaing Apple Music dan Spotify.

Sebabnya, platform tersebut akan menggabungkan skema music streaming on-demand seperti Spotify dan video streaming ala Apple Music.

Google diklaim telah membuat kesepakatan dengan beberapa label musik untuk merilis YouTube Remix, termasuk dengan Play Music yang saat ini memiliki lebih dari 40 juta lagu, seperti dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (26/4/2018).

Baca juga : Layanan Music Streaming Sumbang 43 Persen Pendapatan Industri Musik

Kabarnya, YouTube Remix akan memanfaatkan katalog musik YouTube dan menawarkan beberapa fitur yang tersedia di Play Music.

Tak mudah bagi YouTube Remix untuk menyaingi Apple Music dengan 30 juta pelanggan dan Spotify yang memiliki 70 juta pelanggan.

Dengan jumlah pengguna tersebut, Spotify diklaim sebagai platform layanan music streaming nomor wahid di dunia.

Baca juga : Awal 2018, Pelanggan Spotify Capai 70 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.