Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara XL Antisipasi Lonjakan "Traffic" Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/04/2018, 08:55 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - Mudik lebaran selalu menjadi momen di mana terjadi lonjakan traffic pengguna seluler. Lonjakan itu terjadi baik pada layanan data, telepon, maupun SMS.

Bagi operator seluler, periode Ramadan hingga mudik lebaran ini ibarat jadi ujian untuk kualitas jaringan masing-masing operator. Pasalnya jumlah pengguna pada momen ini bisa naik berkali-kali lipat dari hari biasa.

XL pun sepertinya tak ingin kecolongan menghadapi momen Ramadan dan lebaran ini. Operator seluler ini telah memperkirakan serta mengantisipasi beberapa titik yang diprediksi bakal terjadi lonjakan traffic.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya  perusahaan telah memprediksi bahwa layanan data dan internet akann kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga libur lebaran.

Oleh karena itu XL telah memetakan beberapa titik yang krusial, seperti jalur tol Jakarta-Surabaya yang baru saja diresmikan, jalur pantai utara serta jalur pantai selatan pulau Jawa.

"Untuk keperluan mengamankan momen tahunan tersebut, kami bahkan sudah meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, Transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik,” ungkap Yessie dalam acara media gathering di Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (26/4/2018).

Ia menambahkan sebagai langkah persiapan, XL telah menerapkan sejumlah teknologi yang memungkinkan peningkatan kualitas layanan, seperti Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G dan teknologi 4.5G yang terdiri dari LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO.

“Dengan kualitas dan cakupan jaringan data yang ada saat ini, kami pun siap menghadapi kemungkinan lonjakan traffic selama Ramadan dan liburan panjang Lebaran nanti," tambah Yessie.

Berdasarkan data internal perusahaan, diketahui pada periode Ramadan – lebaran tahun 2017 lalu, total lalulintas data mencapai 3.700 TB, sementara itu lalulintas di hari biasa 2018 telah mencapai 6.055 TB.

Untuk trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti, diprediksi akan meningkat sebesar 20-30 persen. Beberapa faktor juga dikatakan mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.

XL pun sesumbar jaringan LTE-nya bakal stabil dan terjaga padaa periode Ramadan hingga mudik lebaran nanti. Pasalnya operator seluler ini menambahkan kapasitas transmisi upstream internet hingga 3 kali kipat dari 2017 lalu.

Untuk ruas tol Jakarta - Surabaya, XL mengklaim jaringannya telah mencakup 97,97 persen dan hanya ada sedikit blank spot. Untuk jalur pantai utara, XL mengklaim sudah mengkover setidaknya 95 persen area dan jalur santai Selatan daerah yang telah terkover diklaim mencapai 90 persen.

Kendati demikian XL tetap menempatkan mobile-BTS di sejumlah titik jalur mudik lebaran untuk menambah kekuatan jaringan.

Pada 2017 lalu, XL menempatkan sebanyak 29 mobile-BTS di beberapa titik di Pulau Jawa. Sedangkan tahun ini ada sekitar 49 mobile-BTS yang ditempatkan dengan jumlah paling banyak berada di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga : Cara Registrasi dan Daftar Ulang Kartu Prabayar XL dan Axis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com