Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emoji Pistol di Android Bakal Diganti Pistol Mainan

Kompas.com - 27/04/2018, 11:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google meluncurkan update emoji baru, yang mengganti emoji pistol dengan pistol air mainan. Perusahaan search engine raksasa ini bukan yang pertama mengubah emoji pistol ala pistol betulan, menjadi pistol mainan.

Update akan tersedia melalui pustaka EmojiCompat milik Google, yang dirilis secara terpisah dari update sistem operasi (OS). Emoji pistol air juga akan dirilis ke depannya, bersamaan dengan OS baru Android, yakni Android "P", yang nama resminya masih misterius.

Sebelum Google, ada Twitter yang bulan lalu juga melakukan hal yang sama, begitu pula dengan Samsung yang merilis emoji pistol mainan bersamaan dengan Galaxy S9.

Apple menjadi perusahaan pertama yang mengganti emoji pistolnya menjadi pistol air sejak 2016.

Baca juga: Gambar Emoji Bakal Bisa Dibalik Arahnya

Riwayat perubahan emoji pistol oleh beberapa vendor dari tahun 2013 hingga 2018Emojipedia Riwayat perubahan emoji pistol oleh beberapa vendor dari tahun 2013 hingga 2018

Vendor Cupertino itu juga menjadi inisiator perombakan bentuk emoji pistol realistis, yang ditelurkan melalui pembaruan iOS 10.

Keputusan itu berawal dari grup advokasi pengontrol senjata api, New Yorkers Against Gun Violence, yang mendesak Apple untuk menghapus emoji pistol, sebagai pernyataan sikap Apple melawan kekerasan menggunakan senjata api.

Baca juga: Line Luncurkan 200 Emoji Baru

Dilansir KompasTekno dari USA Today, Jumat (27/4/2018), Facebook dikabarkan akan segera mengikuti langkah vendor lain untuk mengubah emoji pistol menjadi pistol air mainan. Begitu pula dengan Microsoft, yang juga berencana untuk menyingkirkan emoji pistol realistis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com