Kompas.com - 27/04/2018, 17:34 WIB
Sensor tekanan jari untuk teknologi 3D Touch pada iPhone 6S diselipkan di antara lapisan layar AppleSensor tekanan jari untuk teknologi 3D Touch pada iPhone 6S diselipkan di antara lapisan layar

KOMPAS.com - Dari tiga iPhone yang disebut-sebut akan rilis tahun ini, salah satunya diduga akan mengusung nama iPhone 9. Nama tersebut kabarnya akan disematkan untuk model iPhone dengan layar berbentang 6,1 inci, yang memang masih misterius.

Analis sekuritas Ming-Chi Kuo yang kerap memprediksi perangkat Apple pun membagi prediksinya untuk iPhone 9. Kuo menyebut, fitur 3D Touch bakal absen di iPhone 9.

Fitur 3D Tiuch pertama kali diperkenalkan Apple di lini iPhone 6s, untuk mengukur tekanan jari pengguna di bagian layar guna menampilkan menu baru dalam berbagai aplikasi. Tapi, ia menambahkan jika display iPhone 9 akan lebih sangar dan mentereng.

Baca juga: iPhone X Termahal Bakal seperti Samsung Galaxy Note?

Menurutnya, layar 6,1 inci berpanel LCD di iPhone 9 akan dibalut dengan Cover Glass Sensor (CGS) yang lebih tipis. Apple juga disebut akan menambahkan sensor film tipis. Belum diketahui apa gunanya, namun bisa jadi, penambahan ini guna meningkatkan biaya produksi panel sebanyak 15 persen.

Harga sensor tersebut diperkirakan antara 23 hingga 26 dollar AS (sekitar Rp 320.000 - 360.000). Jadi, ketika keluar nanti, model ini cukup layak jika dipatok dengan harga tinggi.

Dihimpun KompasTekno dari WCCF Tech, Jumat (27/4/2018), Kuo mengatakan mulai tahun 2019, semua iPhone dengan panel OLED juga akan dibekali sensor CGS. Hal ini dilakukan Apple untuk semakin meningkatkan ketahanan layar di lini iPhone barunya kelak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: iPhone SE 2 Tak Punya Jack Audio Standar?

Rumornya, iPhone X akan dijual lebih murah dibanding duo iPhone 8, yakni mulai dari 550 dollar As (sekitar Rp 7,6 juta), dengan varian dual-SIM yang sepertinya akan dijual lebih mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WCCF Tech
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.