Blokir 1 Mei Mendekat, Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar Indosat

Kompas.com - 28/04/2018, 12:17 WIB
KompasTekno menemukan sebuah kartu SIM dari Indosaat Ooredoo dalam kemasan Redmi 5A. Indosat memang menjadi rekanan operator seluler Xiaomi dalam pemasaran Redmi 5A. Oik Yusuf/ KOMPAS.comKompasTekno menemukan sebuah kartu SIM dari Indosaat Ooredoo dalam kemasan Redmi 5A. Indosat memang menjadi rekanan operator seluler Xiaomi dalam pemasaran Redmi 5A.
Penulis Oik Yusuf
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sesuai arahan pemerintah, pekan depan, tepatnya mulai tanggal 1 Mei 2018, operator-operator seluler di Indonesia akan mulai memblokir total kartu SIM prabayar yang belum didaftarkan dengan nomor identitas pemilikya.

Bagi pelanggan prabayar Indosat Ooredoo (IM3), registrasi masih bisa dilakukan meskipun kartu telah mengalami pemblokiran sebagian (tidak bisa menjalankan panggilan telepon atau SMS).

Baca juga: 1 Mei Belum Registrasi Kartu SIM Prabayar, Blokir Total!

Pertama-tama, pelanggan Indosat harus menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sebagai dua syarat utama melakukan registrasi kartu prabayar. Setelah itu, simak cara-cara di bawah.

Pelanggan baru (kartu SIM perdana)

Registrasi bisa dilakukan dengan lewat pengiriman SMS ke nomor 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Mulai tanggal 1 Mei 2018, semua pembeli kartu perdana SIM prabayar diharuskan melakukan registrasi dengan NIK dan nomor KK sebelum bisa menggunakan layanan voice, SMS, ataupun data internet.

Pelanggan lama Indosat (kartu SIM aktif)

Pelanggan lama Indosat yang sudah pernah melakukan registrasi sebelum berlaku persyaratan NIK dan nomor KK tetap harus melakukan daftar ulang dengan menyertakan dua baris nomor tersebut.

Formatnya sedikit berbeda dibanding pelanggan baru apabila dilakukan lewat SMS, yakni ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#, lalu kirim ke nomor 4444. Pendaftaran via SMS ini tetap bisa dilakukan meskipun kartu pelanggan sudah mengalami pemblokiran SMS keluar.

Alternatifnya, pelanggan dapat mendaftar lewat situs internet Indosat di tautan ini. Bisa pula dengan datang langsung ke Galeri Indosat sambil membawa KTP dan KK untuk diserahkan ke petugas yang akan membantu proses registrasi tanpa dipungut biaya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X