Hindari Blokir 1 Mei, Ini Cara Registrasi Kartu Prabayar XL dan Axis

Kompas.com - 28/04/2018, 13:31 WIB
Sejumlah warga terlihat sedang registrasi SIM card di gerai XL kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Selasa (7/11/2017). Pemerintah mewajibkan registrasi ulang SIM card bagi para pengguna telepon seluler hingga 28 Februari 2018 dengan memakai nomor NIK dan kartu keluarga (KK). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISejumlah warga terlihat sedang registrasi SIM card di gerai XL kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Selasa (7/11/2017). Pemerintah mewajibkan registrasi ulang SIM card bagi para pengguna telepon seluler hingga 28 Februari 2018 dengan memakai nomor NIK dan kartu keluarga (KK).

KOMPAS.com - Seluruh kartu SIM prabayar yang belum diregistrasi paling lambat pada 30 April 2018 akan segera diblokir total.  Pemblokiran total meliputi panggilan masuk (incoming call) serta panggilan keluar (outgoing call), juga pesan masuk (incoming SMS) dan pesan keluar (outgoing SMS) termasuk layanan data internet.

Dirangkum KompasTekno dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu (28/4/2018), terhadap pelanggan prabayar yang belum melakukan registrasi, operator seluler akan mulai melakukan pemblokiran total pada tanggal 1 Mei 2018.

Baca juga : 1 Mei, XL Blokir Nomor SIM yang Belum Registrasi

Meski begitu, layanan SMS registrasi ke nomor 4444 masih tetap dibuka dan bisa digunakan untuk mendaftarkan kartu prabayar, selama masa berlaku (masa tenggang) kartu belum berakhir. Pelanggan tinggal menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat utama.

Pelanggan kartu prabayar XL dan Axis bisa melakukan registrasi maupun daftar ulang dengan beberapa cara berikut.

Pelanggan baru (kartu SIM perdana)

Pelanggan baru XL dan Axis bisa mendaftarkan kartunya lewat pengiriman SMS ke nomor 4444 dengan format: DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Mulai tanggal 1 Mei 2018, semua pembeli kartu perdana SIM prabayar diharuskan melakukan registrasi dengan NIK dan nomor KK sebelum bisa menggunakan layanan voice, SMS, ataupun data internet.

Pelanggan lama (kartu SIM aktif)

Untuk pelanggan aktif atau pelanggan lama XL dan Axis, registrasi ulang bisa dilakukan lewat SMS ke nomor 4444 dengan format ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK. Pendaftaran via SMS ini tetap bisa dilakukan meskipun ponsel sudah mengalami pemblokiran SMS keluar (outgoing) ataupun pemblokiran total.

Alternatifnya, registrasi bisa dilakukan melalui website resmi XL di tautan berikut ini. Baik pendaftaran melalui website maupun internet bersifat gratis. Pelanggan juga bisa mendatangi gerai XL terdekat untuk melakukan daftar ulang dengan bantuan staf XL, sekaligus berkonsultasi jika menemui masalah dalam proses registrasi.

Proses registrasi biasanya berlangsung paling lama 1x24 jam. Jika berhasil, pengguna akan menerima balasan yang mengatakan jika registrasi berhasil dilakukan. Setelah registrasi dilakukan dan dinyatakan berhasil, maka layanan telekomunikasi yang telah diblokir dapat dipulihkan seperti semula.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X