Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Blokir 1 Mei, Daftarkan Kartu Smartfren Anda dengan Cara Ini

Kompas.com - 28/04/2018, 14:51 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dipastikan tidak akan memperpanjang deadline registrasi kartu SIM prabayar. Kartu SIM prabayar yang belum registrasi akan diblokir total mulai hari Selasa besok, tanggal 1 Mei 2018.

Jika kadung diblokir, pengguna tidak akan bisa menggunakan layanan telepon, SMS, hingga data internet. Akan tetapi, berdasarkan imbauan pemerintah, operator seluler tetap akan membuka layanan registrasi via SMS ke nomor 4444, selama masa aktif kartu masih berlaku.

Bagi pelanggan prabayar Smartfren yang belum melakukan registrasi kartu SIM prabayar, bisa melakukan beberapa cara berikut. Sebelumnya, siapkan dulu NIK (nomor induk kependudukan) dan KK (Kartu Keluarga) yang sah dan milik sendiri.

Baca juga : Sepekan Jelang 1 Mei, Asosiasi Minta Pelanggan Tak Tunda Registrasi Kartu Prabayar

Pelanggan baru (kartu SIM perdana)

Pendaftaran kartu Smarfren bagi pelanggan baru, bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Mulai tanggal 1 Mei 2018, semua pembeli kartu perdana SIM prabayar diharuskan melakukan registrasi dengan NIK dan nomor KK sebelum bisa menggunakan layanan voice, SMS, ataupun data internet.

Pelanggan lama (kartu SIM aktif)

Sementara untuk pelanggan aktif atau pelanggan lama Smartfren, bisa mendaftar ulang melalui SMS ke nomor 4444 dengan format: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Untuk pengguna modem MiFi, registrasi bisa dilakukan melalui situs resmi Smarfren di tautan berikut, tanpa harus memasangnya dulu ke ponsel. Demi kelancaran proses registrasi, gunakan koneksi internet dari nomor prabayar yang hendak didaftarkan.

Pengguna MiFi

Melalui situs Smartfren, pelanggan juga bisa mengunggah foto e-KTP dan KK, sebagai ganti untuk entry nomor NIK dan KK. Pelanggan akan diberikan tiga pilihan verifikasi, bisa menggunakan PUK, kode aktivasi, atau SMS di mana token registrasi akan dikirim melalui SMS.

Jangan lupa cantumkan juga alamat e-mail yang aktif guna mengonfirmasi proses registrasi. Baik melalui SMS atau internet, registrasi SIM prabayar sama-sama tidak dipungut biaya.

Baca juga : Tak Mau Diblokir? Segera Daftarkan Kartu SIM Prabayar Anda

Selain dua cara di atas, pelanggan bisa juga mendatangi gerai Smartfren dengan membawa KTP dan KK untuk diserahkan ke petugas yang akan membantu pendaftaran tanpa dipungut biaya. Proses registrasi biasanya berlangsung paling lama 1x24 jam.

Cara memeriksa status registrasi kartu Smartfren

Untuk mengetahui apakah nomor Smartfren benar-benar sudah teregistrasi atau belum, Pelanggan melakukan pengecekan melalui tautan berikut. Setelah laman terbuka, masukkan nomor NIK dan KK, serta jawaban kode verifikasi.

Baca juga : Ciri-ciri Kartu SIM Prabayar yang Sudah Berhasil Registrasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com