Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates dan Larry Page Rogoh Rp 166 Miliar untuk Berantas Flu

Kompas.com - 30/04/2018, 09:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua tokoh kawakan di industri teknologi bersatu melawan penyakit "pasaran" yakni flu. Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pendiri Google, Larry Page, menggelontorkan duit 12 juta dollar AS atau setara Rp 166 miliar untuk upaya ini.

Duit tersebut untuk penelitian dan pengembangan vaksin flu universal. Adapun mekanismenya berupa dana hibah bagi peneliti yang mampu mewujudkan vaksin flu untuk umat manusia di dunia.

“Kami pikir vaksin flu universal tidak hanya menghilangkan risiko pandemi, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan,” kata Bill Gates.

Dana dari Bill Gates dan Larry Page terbagi dua, yakni 2 juta dollar AS (Rp 27 miliar) untuk proses penelitian selama 2 tahun. Ada beberapa tim peneliti yang ditantang mengikuti program ini.

Baca juga: Kalahkan Bill Gates, Bos Toko Online Jadi Orang Terkaya Dunia

Setelah 2 tahun, para peneliti akan memaparkan hasil riset mendalam mereka. Adapun dana hibah 10 miliar dollar AS (Rp 138 miliar) diberikan kepada peneliti yang dianggap paling siap merealisasikan hasil kajiannya.

“Agar memenuhi syarat hibah, peneliti harus siap untuk pengujian manusia pada 2021,” kata perwakilan The Bill and Melinda Gates Foundation, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (30/3/2018), dari DigitalTrends.

Bill Gates dan Larry Page sebelumnya sudah berkomitmen bahwa mereka bakal mendanai proyek-proyek sosial yang mengubah dunia alias game-changing.

Dana 12 juta dollar AS sendiri dianggap baru langkah awal. Tim peneliti yang memberikan hasil memuaskan bakal menerima pendanaan berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com