Kompas.com - 30/04/2018, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Dua tokoh kawakan di industri teknologi bersatu melawan penyakit "pasaran" yakni flu. Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pendiri Google, Larry Page, menggelontorkan duit 12 juta dollar AS atau setara Rp 166 miliar untuk upaya ini.

Duit tersebut untuk penelitian dan pengembangan vaksin flu universal. Adapun mekanismenya berupa dana hibah bagi peneliti yang mampu mewujudkan vaksin flu untuk umat manusia di dunia.

“Kami pikir vaksin flu universal tidak hanya menghilangkan risiko pandemi, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan,” kata Bill Gates.

Dana dari Bill Gates dan Larry Page terbagi dua, yakni 2 juta dollar AS (Rp 27 miliar) untuk proses penelitian selama 2 tahun. Ada beberapa tim peneliti yang ditantang mengikuti program ini.

Baca juga: Kalahkan Bill Gates, Bos Toko Online Jadi Orang Terkaya Dunia

Setelah 2 tahun, para peneliti akan memaparkan hasil riset mendalam mereka. Adapun dana hibah 10 miliar dollar AS (Rp 138 miliar) diberikan kepada peneliti yang dianggap paling siap merealisasikan hasil kajiannya.

“Agar memenuhi syarat hibah, peneliti harus siap untuk pengujian manusia pada 2021,” kata perwakilan The Bill and Melinda Gates Foundation, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (30/3/2018), dari DigitalTrends.

Bill Gates dan Larry Page sebelumnya sudah berkomitmen bahwa mereka bakal mendanai proyek-proyek sosial yang mengubah dunia alias game-changing.

Dana 12 juta dollar AS sendiri dianggap baru langkah awal. Tim peneliti yang memberikan hasil memuaskan bakal menerima pendanaan berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.