Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Perluas Penggunaan Tombol "Upvote" dan "Downvote"

Kompas.com - 30/04/2018, 18:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal tahun ini, Facebook sesumbar tengah menguji coba tombol “upvote” dan “downvote” pada jejaring sosialnya. Sesuai namanya, tombol tersebut mampu mendorong sebuah komentar ke atas atau ke bawah.

Mekanismenya mirip dengan yang tertera pada layanan forum online Reddit. Tombol upvote digunakan untuk membuat sebuah komentar lebih populer, sementara tombol downvote untuk membuat komentar tenggelam.

Setelah berbulan-bulan diuji coba di lingkup kecil, Facebook mulai mengekspansi fitur tersebut ke pengguna yang lebih luas. Hal tersebut terendus dari laporan pengguna, via Twitter.

Baca juga: Facebook Uji Tombol Downvote, Fungsinya?

Beberapa pengguna membagikan screenshot yang memperlihatkan mereka sudah bisa mengakses tombol “upvote” dan “downvote”. Mayoritas berasal dari Australia dan Selandia Baru.


Agaknya Facebook meluncurkan fitur itu secara bertahap sesuai letak geografis. Belum jelas kapan fitur itu bisa dijajal semua pengguna di seluruh dunia.

Yang jelas, fitur “upvote” dan “downvote” ini menunjukkan kepercayaan Facebook kepada pengguna untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (30/4/2018), dari TheNextWeb.

Jika penggunaannya benar, fitur ini mampu menenggelamkan komentar negatif dan menaikkan pamor komentar bernada positif. Dengan begitu, penganiayaan mental (bullying) via online bisa direduksi.

Akan tetapi, jika penggunaannya salah, maka fitur ini bisa menjadi malapetaka, di mana komentar negatif justru bisa viral. Kita lihat saja bagaimana fitur ini bekerja untuk pengguna Facebook. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com