Sempat Tak Bisa Diakses, Medium Diblokir Kominfo?

Kompas.com - 02/05/2018, 10:48 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan ini, sejumlah netizen Indonesia mengeluhkan bahwa situs blog berbasis jurnalisme warga, Medium sempat tidak bisa diakses pada Selasa (1/5/2018) malam.

Saat dibuka, laman Medium.com hanya menampilkan notifikasi “connection time out” atau peringatan “your connection is not private”. Begitu pun dengan aplikasi Medium di perangkat mobile yang dilaporkan sama-sama tidak bisa diakses.

“Mental kalau sign ini,” keluh seorang pengguna Twitter dengan handle @InsideErick, Selasa malam.

Menurut keluhan warganet Tanah Air di Twitter, ketersediaan akses terhadap Medium berlaku tak seragam antar-operator telekomunikasi dan penyedia layanan internet (ISP). Ada pengguna ISP tertentu yang masih bisa membuka Medium, sementara lainnya tidak bisa.

Blogger dan pengamat teknologi Aulia Masna sempat melakukan penelusuran di laman pengaduan konten negatif TRUST Positif Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),

Pengguna Twitter dengan handle @amasna ini lalu menemukan bahwa domain Medium.com termasuk dalam daftar situs yang diblokir berdasarkan pengaduan pengguna tentang kandungan konten negatif di TRUST Positif.

Domain Medium.com sempat tercantum dalam daftar situs yang diblokir dalam database TRUST Positif.KOMPAS.com/ REZA WAHYUDI Domain Medium.com sempat tercantum dalam daftar situs yang diblokir dalam database TRUST Positif.

Nama-nama situs yang diblokir Kemenkominfo tercantum di laman TRUST Positif, misalnya platform blogging Tumblr.com dan Vimeo.com yang hingga kini masih tak bisa diakses. Pada tanggal 1 Mei kemarin, nama Medium.com ikut tercantum.

Namun, ketika coba dicari oleh KompasTekno sewaktu malam di hari yang sama, domain “Medium.com” sudah tidak ada dalam database TRUST Positif.

Dalam waktu berdekatan, akses terhadap situs Medium dari para penyedia internet Indonesia mulai pulih. Hari Rabu pagi ini, Medium sudah bisa kembali diakses tanpa hambatan.

Sempat diblokir

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.