Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Kamera AR di Facebook Hadir di Instagram

Kompas.com - 02/05/2018, 17:37 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform augmented reality (AR) Facebook yakni Camera Effect Platform yang hadir setahun lalu, kini bisa dicoba di Instagram. Fitur yang disebut AR Studio ini, masih dirilis dalam format closed beta, alias masih terbatas.

Pengguna Instagram akan bisa menggunakan kamera dan efek berteknologi AR untuk berbagi foto, video dan Instragram stories.

"Kreator akan bisa mendesain pengalaman kamera yang unik, interaktif, termasuk filter wajah dan efek dunia, untuk para pengikutnya di Instagram", ujar CEO Facebook, Mark Zuckerberg Seperti KompasTekno rangkum dari Mobile Syrup, Rabu (2/5/2018).

Baca juga: Instagram Umumkan Fitur Video Call

Teknologi AR memang bukan hal baru di Instagram, namun agaknya kali ini akan dijalankan dengan skema lebih interaktif.

Efek AR kali ini akan mengandalkan pengembangan dari pengguna Instagram sendiri, yang bisa dibagikan kepada para pengikutnya.

Jadi, selain mengambil filter AR dari pustaka yang telah tersedia, pengguna juga bisa mencoba efek yang telah digunakan pengguna lain di Instagram Stories.

Baca juga: Instagram Stories Kini Bisa Upload 10 Foto dan Video Sekaligus

Untuk debut AR Studio, Instagram akan menggandeng beberapa pihak seperti penyanyi pop Ariana Grande, NBA, Vogue, dan Kylie Jenner. Sebagai langkah awal, mereka akan menyediakan filter yang bisa digunakan para pengikutnya di Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com