Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Tokobagus Remco Lupker Meninggal Dunia

Kompas.com - 02/05/2018, 21:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka cita datang dari dunia e-commerce Tanah Air. Salah satu pendiri toko online Tokobagus.com (kini OLX), Remco Lupker meninggal dunia di Belanda pada hari ini, Rabu (2/4/2018).

Informasi yang diterima oleh KompasTekno, Remco menghembuskan nafas terakhirnya di negeri kelahirannya, Belanda. Dia meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker.

“Betul (Remco) meninggal dunia. Kami baru saja mendapat kabar dukanya,” ujar Ketua Bidang Humas Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Rieka Handayani dalam pesan singkatnya kepada KompasTekno.

“Kami turut berduka cita kehilangan salah satu sosok penting industri startup e-commerce yang memberi inspirasi,” imbuhnya.

Mantan CEO OLX, Daniel Tumiwa juga memberi kabar serupa. Menurutnya Remco meninggal dunia pada Rabu pagi waktu Belanda.

“Betul meninggal jam 10 pagi waktu Belanda. Sudah hampir tiga tahun dia berjuang melawan kanker,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Kiprah Remco dan Tokobagus di dunia e-commerce sudah mulai jauh sebelum industri tersebut ramai oleh banyak pemain.

Bahkan bisa dikatakan situs e-commerce yang didirikannya bersama dengan Arnold Sebastian itu merupakan salah satu pionir.

Remco dan Arnold mendirikan Tokobagus.com pada 2005 silam, lalu membesarkannya hingga menjadi dikenal begitu banyak orang. Lalu pada 2012, ketika nama situs e-commerce itu sedang harum-harumnya, Remco memutuskan untuk meninggalkannya.

Tokobagus.com mulai Selasa (20/5/2014) berubah namanya menjadi OLX Indonesiawww.olx.co.id Tokobagus.com mulai Selasa (20/5/2014) berubah namanya menjadi OLX Indonesia
Dua tahun setelahnya, Tokobagus diambil alih oleh OLX dan namanya secara resmi berubah. OLX sendiri merupakan merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers.

Adapun Naspers sudah berinvestasi di Tokobagus sejak 2010, hingga akhirnya memasukkan perusahaan e-commerce itu ke dalam Grup OLX.

Pihak OLX Indonesia pun memberikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Remco sebagai pendiri cikal bakal OLX.

"Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Remco adalah sosok yang visioner. Beliau meninggalkan legacy yang sangat berharga bagi kami dalam membentuk dan mengembangkan industri iklan baris online, di Indonesia," ujar PR Manager OLX Indonesia, Amelia Virginia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com