Google Buka Registrasi Domain Top Level ".App"

Kompas.com - 03/05/2018, 07:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pada Februari 2015, Google membayar 25 juta dollar AS untuk mendapat hak eksklusif atas top-level domain (TLD) .app (dot app). Lebih dari tiga tahun kemudian, pada pekan ini, sang raksasa internet akhirnya mulai membuka pendaftaran TLD .app untuk publik.

Peminat bisa mendaftarkan nama-nama domain website dengan akhiran TLD .app, seperti "namaanda.app", "ideanda.app", atau "bisnisanda.app"

Pendaftaran dibuka mulai Selasa (1/5/2018) lalu, dan akan berlangsung hingga Senin (7/5/2018). Peminat awal bisa mendaftar lewat Early Access Program Google. Kemudian, sehari setelahnya, domain .app akan tersedia untuk masyarakat umum, termasuk lewat registrar lain.

TLD .app diklaim cocok untuk pengembang aplikasi dan para pelaku industri teknologi, karena mudah diingat. Domain ini sekaligus menjadi alternatif dari domain .com yang sudah penuh sesak.

Baca juga: Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com

Selain itu, Google juga mengharuskan semua website .app untuk menggunakan HTTPS secara default, untuk melindungi dari bahaya serangan malware iklan, tracking injection oleh penyedia layanan internet (ISP), maupun jaringan WiFi yang tak terproteksi.

"TLD .app termasuk dalam daftar HSTS preload, sehingga HTTPS diperlukan untuk semua koneksi ke situs .app -tak ada registrasi ataupun konfigurasi HSTS individual yang diperlukan. Hasilnya adalah sekuriti web built-in untuk Anda dan pengguna Anda," sebut Google dalam keterangannya

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (3/5/2018), Google mengatakan pendaftaran .app bakal lebih murah dibandingkan TLD lain macam .how atau .soy. Harga "grosir" dipatok antara 10 hingga 12 dollar AS (sekitar Rp 160.000), sementara registrasi retail dikenai biaya 20 dollar AS (sekitar Rp 300.000).

Informasi selengkapnya bisa diperoleh di website Google di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.