Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Buka Registrasi Domain Top Level ".App"

Kompas.com - 03/05/2018, 07:18 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Pada Februari 2015, Google membayar 25 juta dollar AS untuk mendapat hak eksklusif atas top-level domain (TLD) .app (dot app). Lebih dari tiga tahun kemudian, pada pekan ini, sang raksasa internet akhirnya mulai membuka pendaftaran TLD .app untuk publik.

Peminat bisa mendaftarkan nama-nama domain website dengan akhiran TLD .app, seperti "namaanda.app", "ideanda.app", atau "bisnisanda.app"

Pendaftaran dibuka mulai Selasa (1/5/2018) lalu, dan akan berlangsung hingga Senin (7/5/2018). Peminat awal bisa mendaftar lewat Early Access Program Google. Kemudian, sehari setelahnya, domain .app akan tersedia untuk masyarakat umum, termasuk lewat registrar lain.

TLD .app diklaim cocok untuk pengembang aplikasi dan para pelaku industri teknologi, karena mudah diingat. Domain ini sekaligus menjadi alternatif dari domain .com yang sudah penuh sesak.

Baca juga: Google Beli Domain abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com

Selain itu, Google juga mengharuskan semua website .app untuk menggunakan HTTPS secara default, untuk melindungi dari bahaya serangan malware iklan, tracking injection oleh penyedia layanan internet (ISP), maupun jaringan WiFi yang tak terproteksi.

"TLD .app termasuk dalam daftar HSTS preload, sehingga HTTPS diperlukan untuk semua koneksi ke situs .app -tak ada registrasi ataupun konfigurasi HSTS individual yang diperlukan. Hasilnya adalah sekuriti web built-in untuk Anda dan pengguna Anda," sebut Google dalam keterangannya

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (3/5/2018), Google mengatakan pendaftaran .app bakal lebih murah dibandingkan TLD lain macam .how atau .soy. Harga "grosir" dipatok antara 10 hingga 12 dollar AS (sekitar Rp 160.000), sementara registrasi retail dikenai biaya 20 dollar AS (sekitar Rp 300.000).

Informasi selengkapnya bisa diperoleh di website Google di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com