5 Promo yang Paling Banyak Di-googling Selama Ramadan

Kompas.com - 03/05/2018, 15:17 WIB
Ilustrasi Googling di kala Ramadan. IstimewaIlustrasi Googling di kala Ramadan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia semakin konsumtif di bulan Ramadan. Ada beberapa kebutuhan harian yang bertambah, semisal tajil dan makanan berbuka yang lebih heboh dari hari biasa.

Selain itu, momen buka bareng (bukber) dengan para sahabat dan keluarga besar pun tak terelakkan. Belum lagi dorongan untuk membeli barang-barang “serba baru” menyambut Idul Fitri.

Menurut Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, peningkatan kebutuhan selama Ramadan membuat masyarakat rajin berburu informasi promo di mesin pencari Google.

“Pencarian promo dimulai seminggu menjelang Ramadan, lalu peak-nya pertama kali pada minggu pertama Ramadan. Peak kedua ada di minggu ketiga Ramadan,” kata Yudistira, Kamis (3/5/2018), di Kantor Google Indonesia, Jakarta.

“Secara total ada peningkatan 40 persen untuk pencarian informasi promo dibandingkan hari-hari reguler,” ia menambahkan.

Lantas, informasi promo apa saja yang merajai mesin pencari Google?

Pertama, ritel dan bahan makanan. Masyarakat cenderung mencari promo belanja di supermarket dan minimarket untuk meminimalisir pengeluaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, travel. Masyarakat mulai berburu promo tiket kereta dan pesawat sejak jauh-jauh hari menjelang Idul Fitri. Selain menghindari lonjakan harga tiket, juga mengantisipasi kehabisan tiket.

Ketiga, gadget dan telekomunikasi. Masyarakat berburu promo paket video streaming dan paket data lainnya agar tak “mati gaya”. Meski lapar, setidaknya masih bisa menikmati hiburan-hiburan yang tersedia di ranah maya.

“Anak-anak muda yang baru dapat duit juga banyak mencari promo gadget. Mereka mau beli gadget baru sebelum pulang kampung,” kata Yudistira.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.