Rajinnya Orang Indonesia "Googling" THR Jelang Hari Raya - Kompas.com

Rajinnya Orang Indonesia "Googling" THR Jelang Hari Raya

Kompas.com - 03/05/2018, 17:02 WIB
ilustrasi uang dalam amplop.Thinkstock ilustrasi uang dalam amplop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengeluaran masyarakat Indonesia selama bulan puasa/ Ramadan melonjak tinggi, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk merayakan Idul Fitri. Karena itu, Tunjangan Hari Raya ( THR) menjadi hal yang dinanti-nanti.

Berdasarkan data Google Indonesia tahun 2017, masyarakat paling banyak mencari informasi soal THR pada minggu ketiga Ramadan. Pola kebiasaan ini diprediksi akan terulang di Ramadan 2018.

Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, mengatakan pencarian informasi THR menunjukkan ketidaksabaran masyarakat mendapat duit lebih untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya.

Baca juga: Begini Perilaku Orang Indonesia Nonton YouTube di Bulan Puasa

“Mereka ingin tahu kapan THR diterima tahun ini. Mereka juga ingin tahu seperti apa penghitungan THR itu menurut aturan yang berlaku,” kata dia, Kamis (3/5/2018), di Kantor Google Indonesia, Jakarta.

Beberapa kata kunci andalan yang digunakan untuk menghimpun informasi soal THR pada Ramadan 2017 lalu mencakup “THR 2017”, “THR PNS”, “PPh 21 THR”, serta “gaji THR”.

Biasanya THR dibagikan pada minggu kedua atau minggu ketiga Ramadan. Setelah masa pembagian THR, masyarakat pun mulai riset barang-barang yang hendak dibeli.

Beberapa kategori barang yang paling banyak dicari pada periode pembagian THR antara lain penanak nasi, kulkas, smartphone, baju, serta mesin cuci.

"Anak-anak muda yang dapat THR biasanya cari gadget baru sebelum pulang kampung," ia Yudistira menuturkan.

Selain soal THR, ada beberapa hal lain yang juga sering dicari netizen Indonesia selama bulan puasa, di antaranya adalah promo belanja dan promo tiket kereta dan pesawat. (Baca juga: 5 Promo yang Paling Banyak Di-googling Selama Ramadan).



Close Ads X