Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Orang yang Menonton YouTube Setiap Harinya?

Kompas.com - 04/05/2018, 14:25 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Berapa banyak orang yang menonton YouTube? CEO YouTube Susan Wojcicki belakangan mengungkapkan aneka konten di platform video sharing tersebut disaksikan oleh  1,8 miliar pengguna yang terdaftar setiap bulannya.

Jumlah ini belum termasuk para pengguna internet lain yang kerap menonton video YouTube tapi tidak memiliki akun di sana.

Sebelumnya, YouTube mencatat jumlah penonton bulanan terdaftar (logged-in monthly users) sebesar 1,5 miliar pada pertengahan 2017.

Hal itu disampaikan oleh Wojcicki saat memberikan presentasi Brandcast YouTube ke para pengiklan. Dia turut memamerkan berbagai pencapaian terbaru YouTube.

Misalnya, video live streaming penyanyi Beyonce di festival musik Coachella, April lalu, yang disimak secara langsung oleh 41 juta penonton.

Lalu ada juga video musik Despacito yang menjadi video terpopuler sepanjang sejarah YouTube dengan mengumpulkan jumlah view sebanyak 5 miliar bulan lalu. (Baca juga : Despacito, Video Terpopuler di YouTube Mendadak Dihapus)

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (4/5/2018), Wojcicki turut membahas masalah-masalah yang dihadapi oleh YouTube, termasuk maraknya konten yang tidak ramah anak dan bersifat teori konspirasi.

“Ini adalah dampak sebuah platform terbuka. Ia mempersatukan dunia dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Tapi keterbukaan itu juga membawa tantangan karena ada pihak-pihak yang menyalahgunakan layanan kami,” ujar Wojcicki.

Wojcicki mengungkapkan pihaknya menerapkan berbagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, seperti menyediakan opsi video ramah anak di YouTube kids yang dikurasi oleh tim kurator khusus.

Lalu, YouTube juga berjanji bakal merekrut 10.000 moderator agar bisa memperketat pengawasan terhadap konten-konten yang beredar.

“Selama ini belum ada panduan tentang cara mengoperasikan sebuah platform terbuka yang skalanya begitu besar. Tapi saya pikir penting bagi kami agar diingat secara positif sebagai bagian dari sejarah,” sebut Wojcicki.

Baca juga : Cara Menghitung Kuota Data yang Terpakai Saat Menonton Video YouTube

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com